Breaking News

Adu Keren Mobil Kenegaraan Joe Biden-Xi Jinping, "The Beast" vs "Hongqi" di KTT G20

The Beast, mobil kenegaraan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Presidensi KTT G20 tak sekadar perhelatan yang mempertemukan para pimpinan negara. Lebih dari itu, sekaligus bisa dijadikan sebagai ajang pamer ‘kekuatan’.

Salah satu contohnya, adalah mobil presiden Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok yang dibawa langsung dari negara masing-masing dengan alasan keamanan. Presiden AS Joe Biden menggunakan "The Beast", mobil kepresidenan yang merupakan jenis Cadillac One, selama gelaran KTT G20.

Melansir Mirror, Selasa (15/11/2022), Joe Biden juga menumpangi The Beast saat hadir di pemakaman mendiang Ratu Elizabeth II pada September 2022. Limosin lapis baja ini diperkirakan seharga 1,3 juta poundsterling atau Rp23,7 miliar.

Tangki bahan bakar pada kendaraan kepala negara ini dilapisi oleh busa khusus untuk mencegah mobil meledak ketika terjadi benturan atau hal lain. Kemudian ban juga dilindungi kevlar yang memungkinkan kendaraan terus berjalan meskipun salah satunya bocor

Keamanan The Beast diperkirakan dilengkapi dengan aliran listrik di pegangan pintu mobil untuk mencegah orang lain masuk. Mobil ini juga dilengkapi senapan pompa di dalamnya.

Setelah digunakan, mobil ini kemudian dihancurkan untuk mencegah rahasia operasional mobil bocor ke publik. Melansir The Sun, kendaraan ini dilapisi baja 8 inci dengan bobot 10 ton dan dapat menahan serangan kimia.

Cadillac One yang memiliki bobot sekitar 6,3 ton sampai dengan 9 ton itu juga antipeluru. The Beast diketahui menggunakan mesin diesel berkapasitas 5.000 cc. 

Penggunaan mesin diesel itu memang sengaja dipilih, karena dianggap memiliki durabilitas yang tinggi. Selain itu bahan bakar solar juga memiliki votalitas rendah yang mengurangi risiko meledak. 

Sasis mobil Cadillac One ini dibuat dari pelat baja yang kuat dan tahan karat. Komponen tersebut dirancang secara khusus untuk bisa menahan serangan bom. 

Sedangkan bannya berbahan keras dan tahan tusukan. Sehingga mobil presiden ini tetap bisa melaju meski ban rusak.

Selain Presiden AS, Presiden Tiongkok Xi Jinping juga tak mau kalah "memamerkan" mobil kenegaraannya. Hongqi N701 didaulat untuk menemani aktivitas orang nomor satu di Negeri Tirai Bambu tersebut selama mengikuti rangkaian KTT G20 Bali. 

Brand yang satu ini memang terdengar asing di telinga. Melansir berbagai sumber, Selasa (15/11/2022), Hongqi berarti "Red Flag" dalam bahasa Mandarin, sejatinya sudah eksis sejak 1958. 

Melansir laman resmi Hongqi Auto, Selasa (15/11/2022), model pertamanya adalah CA72 dan menjadi mobil buatan Tiongkok pertama. Model-model yang diproduksi pada saat awal berdiri lebih banyak berjenis sedan atau limosin.

Mobil-mobil Honqgi sendiri juga sudah dikenal melayani pejabat-pejabat tinggi Negeri Panda tersebut, termasuk yang dipakai oleh Xi Jinping saat ini. Kini, Hongqi Auto berada di bawah naungan pabrikan mobil milik pemerintah Tiongkok, FAW Group. 

Meski mobil milik Xi Jinping tidak dijual untuk umum, tetapi Hongqi punya produk premium lainnya untuk konsumen reguler seperti H5, H7, H9, HS5, HS7, HQ9, dan HS9 EV. Selayaknya mobil khusus yang dipakai oleh kepala negara lainnya, tidak ada detail spesifikasi mengenai Hongqi N701 yang digunakan oleh Xi Jinping. 

Hongqi N701 yang ditumpangi Presiden Tiongkok Xi Jinping selama perhelatan KTT G20 di Bali.

Keamanan dan kerahasiaan kepala negara menjadi alasannya. Adapun, N701 sejatinya juga hanya merupakan sebuah kode, bukan merupakan nama asli mobil tersebut. 

Model tersebut hanya dibuat sebanyak 50 unit untuk 10 tahun ke depan, mengutip dari carnewschina.com. Jantung pacu limosin mewah tersebut kemungkinan menggunakan konfigurasi V12 atau V8 yang sama digunakan pada produk regulernya seperti LS7 SUV dengan mesin turbo V8 4.000 cc bertenaga 360 dk dan torsi 550 Nm.

N701 melakukan ‘debut’nya pada bulan Juli lalu, tepatnya saat Presiden Xi melakukan lawatannya ke Hong Kong. Sekilas, desain N701 masih mirip dengan model sebelumnya yakni N501, khas limosin mewah dengan jarak sumbu roda yang amat panjang.

Perawakannya juga terbilang tinggi, kemungkinan juga menggunakan sasis truk, mirip "The Beast" kepunyaan Joe Biden. Mobil ini juga diyakini memiliki sejumlah perangkat elektronik canggih dan perlindungan khusus untuk menjaga sang Presiden tetap aman selama perjalanan.

N701 juga disebut punya harga berkisar Rp10 miliar. Tidak sedikit yang menyebut, perawakan Hongqi N701 mirip dengan mobil-mobil mewah atau limosin lainnya seperti Bentley, Toyota Century, maupun Rolls-Royce.

Khusus nama terakhir, sejak 2018 lalu Hongqi telah ‘mencaplok’ mantan desainer Rolls-Royce, Giles Taylor untuk bekerja dengan pabrikan yang sudah eksis sejak era Mao Zedong tersebut. Memang tidak ada informasi detail, apakah pria berkebangsaan Inggris tersebut ikut andil dalam mendesain N701, yang jelas tangan dinginnya sudah melahirkan beberapa produk seperti Hongqi H9 dan HS9.

Mobil-mobil Hongqi selalu punya ciri khasnya tersendiri, paling mudah terlihat adalah garis merah dari grill menuju kap mesin sebagai simbol ‘Red Flag’ atau ‘bendera merah’. Sebagai brand premium, mobil-mobil Hongqi tidak bisa dibilang murah, model paling terjangkau yakni H5 dijual dengan harga Rp414 jutaan sedangkan yang termahal E-HS9 atau HS9 EV dijual dengan harga Rp2,2 miliar. (tim redaksi)

#mobilkepalanegara
#mobilpresidenas
#mobilpresidentiongkok
#joebiden
#xijinping
#thebeast
#hongqin701
#kttg20

Tidak ada komentar