Breaking News

1.773 Unit Rumah Rusak, 3.895 Warga Cianjur Mengungsi

Bangunan rumah warga hancur usai gempa magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Foto: Istimewa/ Antara

WELFARE.id-Selain korban jiwa sebanyak 162 orang dan 326 warga terluka, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat per pukul 18.40 WIB, sebanyak 1.773 unit rumah rusak akibat gempa bumi yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat. Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari juga melaporkan sejumlah jalan protokol ikut terdampak.

"Jalan provinsi di sekitar Tapal Kuda tertutup material longsor (pendataan),” kata Muhari dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (22/11/2022). Hal itu membuat warga yang terdampak terpaksa harus mengungsi. Ia mengatakan bahwa kebutuhan mendesak adalah 20 unit alat berat, 10 unit penerangan, 100 unit velbed, dan BBM.

"Sebanyak 3.895 jiwa mengungsi tersebar di beberapa titik pengungsian,” imbuhnya. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut, saluran listrik saat ini masih padam. 

Dari tiga gardu induk sebanyak dua terkendala dan satu aman termasuk di pendopo aman. Sementara itu baru 20 persen jaringan listrik bisa hidup lagi. 

"Mohon maaf kami bekerja keras 3 harian seluruh agar listrik normal lebih cepat dan ambil bantuan terdekat memulihkan," janjinya. Saluran air pun lanjut Emil, terkendala karena pipa PDAM tergeser jauh. 

Diperkirakan baru seminggu ke depan akses air normal dan koni solusi tangki air diperbantukan dari Sukabumi dan Bandung. Usai gempa awal, terhitung ada beberapa kali gempa susulan.

Guncangan gempa juga dirasakan masyarakat yang berada di sekitar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Selain Jabodetabek, guncangan juga dirasakan di wilayah Sukabumi dan Bandung. 

Berdasarkan data BMKG, pusat gempa berada pada kedalaman 10 km barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. BMKG pun memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. (tim redaksi)

#gempacianjur
#korbanmeninggaldunia
#korbantewas
#listrikpadam
#bnpb
#korbanjiwa
#rumahrusak
#wargamengungsi

Tidak ada komentar