Breaking News

Wow! Limbah Batu Bara Ternyata Bisa Pulihkan Terumbu Karang Lho!

Modul habitat dari limbah batu bara (ist) 

WELFARE.id-Banyak yang beranggapan bahwa limbah hanya bisa mengotori atau mencemari lingkungan. Ternyata, dibalik tangan kreatif, suatu barang atau benda yang tadinya sudah disebut limbah bisa dimanfaatkan kembali lho!. 

Inilah yang dilakukan tim peneliti Universitas Diponegoro (Undip) bekerja sama dengan PLTU Batang. Dalam hal ini, ternyata limbah batu bara bisa sangat dimanfaatkan. 

Mereka berupaya memperbaiki terumbu karang di wilayah pesisir Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Melalui teknologi Artificial Patch Reef (APR) atau terumbu karang buatan dan Artificial Fish Apartement (AFA) atau rumah ikan buatan, tim peneliti memanfaatkan limbah batu bara yang melimpah. 

Limbah batu bara ini diubah menjadi modul habitat buatan yang ditempatkan di dasar laut berjarak empat mil dari garis pantai. Dari hasil pengembangan teknologi tersebut, ekosistem baru akan terbentuk dalam waktu dua tahun, di mana terumbu karang akan tumbuh dan meluas serta rumah ikan buatan akan menjadi habitat dari berbagai jenis biota laut. 

Penjabat (Pj) Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, saat melepas secara simbolis kapal bermuatan APR dan AFA ke titik koordinat laut Jawa yang sudah ditentukan mengatakan, limbah batu bara yang sudah ditetapkan sebagai limbah kategori non-B3 oleh pemerintah, kini bisa dimanfaatkan dalam berbagai hal seperti dibuat paving block, batako, jalan beton, dan lainnya. 

"Kerusakan ekosistem pesisir akan teratasi bila semua pihak bekerjasama termasuk pelibatan nelayan setempat agar sama-sama menjaga dari kemungkinan adanya dampak yang diakibatkan oleh alat tangkap," ujarnya dikutip Minggu (23/10/2022). 

Direncanakan empat lokasi baru di sepanjang pesisir pantura Batang akan dibangun kawasan khusus terumbu karang seluas lapangan sepak bola. 

Harapannya, dengan semakin banyak modul APR dan AFA yang diterapkan, akan mengembalikan ekosistem pesisir yang lestari dan terawat. (tim redaksi

#limbah
#limbahnonb3
#limbahbatubara
#ubahlimbahbatubarajadimodul
#terumbukarang
#undip
#kabupatenbatang

Tidak ada komentar