Breaking News

Video Viral! Napi Lapas Bojonegoro Diduga Pesta Sabu

Barang bukti sabu. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Sebuah rekaman video yang menggambarkan sejumlah narapidana atau napi diduga pesta narkoba viral di media sosial. Belakangan, diketahui bahwa peristiwa di rekaman video itu terjadi di dalam Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Bojonegoro, Jawa Timur. 

Kasus itu kini ditangani Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Jatim. Setelah video itu viral, petugas dari Ditreskoba Polda Jatim dan Kepolisian Resor Bojonegoro melakukan penggeledahan di Lapas Bojonegoro, Kamis (27/10/2022).

Salah satu ruangan yang digeledah ialah Blok 9, diduga menjadi tempat napi pesta narkotika sebagaimana tergambar di video yang viral. Blok tersebut ditempati 28 napi dan semuanya langsung dites urine. 

"Kami tidak main-main, jika terbukti akan langsung kita tindak tegas," ucapnya di hadapan wartawan, dikutip Sabtu (29/10/2022).

Hasilnya, dua napi dinyatakan positif mengkonsumsi narkotika. Kepala Lapas Bojonegoro Roni Kurnia mengaku, pihaknya dengan petugas kepolisian masih melakukan pendalaman apakah benar pesta sabu-sabu itu dilakukan napi yang mendekam di lapas yang dipimpinnya. 

Bila betul terjadi, petugas juga akan mendalami bagaimana bisa sabu-sabu masuk ke dalam Lapas Bojonegoro. Bila terbukti, ia memastikan akan menindak tegas dan memproses hukum napi yang mengonsumsi narkotika.

Roni mengakui bahwa pihaknya kecolongan dengan kejadian tersebut. Ia berdalih, hal itu terjadi karena jumlah personel keamanan yang menjaga Lapas Bojonegoro terbatas, sehingga pemantauan para napi kurang maksimal.

Apalagi, lanjut Roni, makin lama jumlah napi di Lapas Bojonegoro terus bertambah. Saat ini saja jumlah warga binaan di sana sebanyak 565 orang. 

"Padahal kapasitas yang seharusnya hanya 175 orang," imbuhnya. (tim redaksi)

#lapasbojonegoro
#kapasitaslapas
#videoviral
#dugaanpestasabudilapas
#narkoba

Tidak ada komentar