Breaking News

Usai KPU Umumkan 18 Parpol Lolos Verifikasi Administrasi, 9 Partai Lanjutkan Verifikasi Faktual

Ilustrasi Pemilu Serentak 2024. Foto: net

WELFARE.id-Hasil verifikasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan 18 partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menyampaikan, bahwa 18 partai politik yang dinyatakan lolos, sudah memenuhi syarat. 

Setelah lolos verifikasi administrasi, terdapat tiga kategori atau klasifikasi partai politik yang akan berlaga pada Pemilu Serentak 2024.

Kategori pertama, partai politik kategori peserta Pemilu 2019 yang lolos ambang batas parlemen (PT). ”Atau parpol yang mempunyai kursi DPR RI, itu ada sembilan partai politik," terang Hasyim dikutif Sabtu (15/10/2022).

Kategori kedua, yaitu partai politik peserta Pemilu 2019 yang tidak lolos PT atau yang tidak punya kursi DPR RI yang dinyatakan lolos verifikasi Pemilu 2024 ini ada lima partai politik.

"Partai politik kategori ketiga yaitu partai politik baru ada empat partai politik yang dinyatakan memenuhi syarat, sehingga sampai dengan saat ini terdapat 18 partai politik yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi sebagai calon peserta pemilu 2024," ujar Hisyam juga. 
 
Diketahui, bahwa terdapat putusan Mahkamah Konstitusi terhadap uji materi Undang-undang Pemilu yang menyatakan bahwa terhadap partai politik kategori lolos PT tidak dilakukan verifikasi faktual.

"Sehingga dengan demikian, dari 18 partai politik ynag lolos administrasi tersebut yang akan dilakukan verifikasi faktual itu hanya terdapat 9 partai politik” ucap Hisyam juga. 

Hisyam juga menerangkan bahwa verifikasi faktual terdiri dari, verifikasi terhadap kepengurusan partai baik di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota. 

Kemudian, terdapat juga verifikasi terhadap kantor 9 partai politik mulai tingkat pusat, provinsi dan tingkat kabupaten/kota.
 
"Termasuk juga verifikasi keanggotaan di tingkat kabupaten dan kota yang didaftarkan dan dinyatakan memenuhi syarat untuk persyaratan pendaftaran pada politik," tandas Hisyam lagi.

Setelah KPU RI mengumumkan hasil verifikasi administrasi melalui pengumuman No. 9/PL.01.1-Pu/05/2022 tentang Pengumuman Hasil Verifikasi Administrasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024, Jumat (14/10/2022), maka KPU daerah mulai melakukan verifikasi faktual.

Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin, mengatakan bahwa dari 18 partai politik yang lolos verifikasi administrasi, pihaknya akan melakukan verifikasi faktual terhadap 9 parpol non parlemen peserta Pemilu 2019 dan parpol baru.

Verifikasi faktual yang akan dilakukan KPU Bogor adalah kepengurusan, kantor sekretariat, keterwakilan perempuan, dan keanggotaan parpol kepada 9 parpol non-parlemen dan parpol baru.

”Pada tanggal 16-17 Oktober 2022, kami akan verifikasi kepengurusan dan kantor sekretariat. Sementara verifikasi faktual keanggotaan akan dilaksanakan pada tanggal 17-4 November 2022,” terang Samsudin, Sabtu (15/10/2022).

Ia menambahkan, dalam rakor KPU Kota Bogor dengan aparatur ASN, TNI dan Polri yaitu Bakesbangpol, Bagpem, camat, koramil, polsekta, dan lurah se-kota Bogor, KPU Kota Bogor menyampaikan sosialisasi tahapan, petugas, dan SOP verifikasi faktual. 

”Selain itu, kami juga meminta Bantuan Pemerintah Kota Bogor, TNI, Polri dalam mendukung suksesnya tahapan verfak di lapangan,” tandasnya juga. (tim redaksi)


#kpuri
#parpollolosadministrasi
#pemilu2024
#pemiluserentak
#verifikasifaktual
#kpukotabogor

Tidak ada komentar