Breaking News

Tiga Warga Tewas, Ratusan Korban Mengungsi Akibat Kebakaran di Pademangan

Warga berusaha memadamkan api yang membakar permukiman padat penduduk di samping rel kereta wilayah RT 08 RW 10 Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu sore (22/10/2022). Foto: Istimewa

WELFARE.id-Kebakaran hebat terjadi di Jalan Pademangan VIII RT 08/RW 10 Kelurahan Pademangan Timur, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara tepatnya pemukiman di samping rel kereta api, Sabtu sore (22/10/2022).

Akibat amukan si jago merah itu selain meluluhlantakan puluhan rumah juga membuat tiga orang meninggal dalam kebakaran permukiman padat penduduk tersebut. 

Perwira Piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Triyanto mengatakan tiga korban meninggal masing-masing bernama Aina Talita Zahra, 12; Ahmad Safrizal, 5; dan Ari Sulastini, 35. 

”Selain itu juga ada dua korban pusing, mual, dan sesak napas ditangani oleh petugas AGD (Ambulans Gawat Darurat) Dinkes (Dinas Kesehatan DKI Jakarta) di lokasi kejadian," terangnya juga, Minggu (23/10/2022).

Selain itu juga, satu warga lainnya mengalami pusing, mual, dan sesak napas dirujuk ke RSUD Pademangan. Selain korban meninggal, ada satu orang yang mengalami luka ringan, ditangani oleh petugas AGD Dinkes di lokasi. 

Penyelidikan sementara, penyebab kebakaran permukiman warga itu ialah korsleting. Dinas Gulkamat DKI Jakarta mengerahkan 20 unit mobil untuk memadamkan api. 

Sebanyak 18 unit didatangkan dari Jakarta Utara dan dua unit pemadam dari Jakarta Pusat. Setidaknya, ada 100 personel pemadam kebakaran yang diturunkan untuk menaklukkan amukan si jago merah tersebut.

Kebakaran cukup besar itu tampak api tampak melalap sejumlah bangunan di pemukiman warga tersebut. Kepulan asap hitam juga membubung tinggi akibat kebakaran. 

Triyanto juga mengatakan kalau informasi kebakaran yang diterima jajarannya pukul 17.53 WIB. Setelah mendapatkan laporan, pihaknya menuju lokasi dan mulai melakukan pemadaman sekitar pukul 18.00 WIB. 

Api kemudian padam pada 19.34 WIB. Akibat kebakaran itu sebanyak 16 rumah yang dihuni 25 kepala keluarga (KK) ludes dilalap api. Kebakaran ini juga membuat 150 jiwa terdampak.

Si jago merah melalap delapan rumah warga hingga rusak berat dan delapan lainnya rusak ringan. Akibatnya, puluhan warga mengungsi di dua tempat yang berlokasi tidak jauh dari lokasi kebakaran. 

Sebanyak 105 korban kebakaran diungsikan di RPTRA Patimura, Jalan Pademangan VIII RT 009 RW 010. Sementara itu, 30 lainnya mengungsi ke TPA Adda’Wul Islamiyyah. (tim redaksi)

#kebakaran
#pademangan
#jakartautara
#dinasgulkamatjakartautara
#tigameninggaldunia
#ratusanmengungsi
#korsletinglistrik

Tidak ada komentar