Breaking News

Tak Semanis Namanya, Popcorn Lung Berbahaya bagi Kesehatan Paru

Menghisap vape. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Tren menghisap vape ternyata bisa mengancam kesehatan paru-paru juga. Mirip dengan efek merokok.

Bagi kamu para penghisap vape, waspadai ancaman kesehatan popcorn lung. Apa itu?

Juga dikenal dengan istilah lain paru-paru popcorn. Merupakan salah satu kondisi ketika saluran udara terkecil di dalam paru-paru yang disebut bronkiolus mengalami penyempitan akibat munculnya luka.

Bagian ini sendiri memiliki tugas guna mengendalikan jumlah udara yang keluar dan masuk ketika proses pernapasan terjadi. Maka dari itu, kondisi popcorn lung masuk dalam kondisi yang wajib diwaspadai, sebab secara langsung dapat memicu sesak napas pada penderitanya.

Sesak napas sendiri akan terjadi ketika saluran menyempit dan pertukaran oksigen serta karbon dioksida tidak terjadi. Maka itu, popcorn lung juga berbahaya. 

Disebut popcorn, sebab pemicu utama dari kondisi ini adalah zat yang sama dengan apa yang digunakan dalam memproduksi makanan seperti popcorn dan karamel. Diketahui bahwa penyakit ini pertama kali terdeteksi pada pekerja di pabrik popcorn.

Zat ini sendiri, selain ditemukan pada produksi popcorn, juga ditemukan dalam cairan yang digunakan oleh pengguna vape atau rokok elektrik. Adanya bahan kimia diacetyl di dalam cairan yang digunakan akan berdampak bahaya, terlebih ketika cairan itu dipanaskan.

Pada cairan atau liquid vape sendiri, kandungan ini digunakan untuk menambah aroma pada asap yang dihembuskan dan rasa yang dinikmati penggunanya. Mengutip laman resmi p2ptm.kemkes.go.id, Senin (10/10/2022), disebutkan secara jelas, cairan rokok elektronik mengandung penambah rasa diasetil. 

Zat tersebut ditambahkan ke dalam makanan untuk menghasilkan rasa mentega. Zat ini lebih berbahaya jika dipanaskan dan dihirup. Ketika dihirup dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan penyakit paru.

Gejala popcorn lung

Ada beberapa gejala yang muncul dan bisa diamati untuk Anda atau lingkungan yang rentan pada risiko penyakit ini. Antara lain adalah:

-Mengalami kelelahan parah
- Mengalami batuk kering
- Mengalami mengi atau napas yang berbunyi lirih
- Napas tidak teratur
- Mulai merasakan sesak napas
- Muncul gangguan kulit, mata, mulut, hingga hidung. (tim redaksi)

#popcornlung
#penghisapvape
#trenhisapvape
#penyakitparu
#gejala
#efekterhadapparu

Tidak ada komentar