Breaking News

Tak Masuk Anggaran APBN 2023, Sri Mulyani: Tak Ada Kenaikan Gaji PNS Tahun Depan

Sejumlah ASN saat mengikuti upacara hari Korpri. Foto: net

WELFARE.id-Pemerintah memastikan tidak akan menaikkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun depan. Pasalnya, tidak ada alokasi anggaran kenaikan gaji ASN dalam APBN 2023.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, RUU APBN 2023 sudah ditetapkan sebagai APBN 2023. Dalam APBN itu tak ada ketentuan mengenai kenaikan gaji PNS.

"APBN sudah ditetapkan (jadi UU), dan kita mengikuti saja. Jadi tidak ada kenaikan gaji ASN,” ujarnya kepada wartawan, Senin (10/10/2022).

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata menambahkan kebijakan kenaikan gaji ada di tangan Presiden Joko Widodo. "Tunggu presiden ajalah," kata Isa singkat.

Sebelumnya, DPR RI baru saja mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) menjadi Undang-Undang. 

Dalam APBN 2023, pemerintah menetapkan belanja negara sebesar Rp3.061,2 triliun. Adapun belanja negara terdiri dari belanja pemerintah pusat sebesar Rp2.246,5 triliun dan transfer ke daerah Rp814,7 triliun.

Belanja pemerintah pusat tersebut terdiri dari belanja kementerian dan lembaga sebesar Rp1.000,8 triliun dan belanja non K/L sebesar Rp1.245,6 triliun.

Dalam belanja kementerian dan lembaga, tak ada klausa yang menuliskan kenaikan gaji PNS, sehingga dipastikan tak ada kenaikan gaji PNS pada 2023.

Kenaikan gaji pokok PNS terakhir kali dilakukan pada awal 2019. Kenaikan ini diumumkan oleh Presiden Jokowi pada nota keuangan pada Agustus 2018.

Kenaikan gaji pokok PNS pada saat itu dipukul rata sebesar 5 persen bagi semua abdi negara yang aktif dan pensiunan, baik di pemerintahan pusat maupun di daerah. 

Kementerian Keuangan selaku bendahara negara pun menyiapkan alokasi anggaran untuk kenaikan gaji pokok tersebut sebesar Rp5 triliun hingga Rp6 triliun pada 2019. (tim redaksi)


#kementeriankeuangan
#apbn2022
#kenaikangaji
#pns
#asn
#menterikeuangan
#srimulyani

Tidak ada komentar