Breaking News

Tahan Resesi, IMF Prediksi Ekonomi 8 Negara Asia Ini Masih Melejit di 2023

Kantor IMF. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Di tengah perlambatan ekonomi global, ekonomi sejumlah negara di Asia diprediksi masih tumbuh signifikan pada 2023. Padahal, ekonomi sepertiga negara-negara lainnya di dunia bakal mengalami resesi. 

Melansir laporan Dana Moneter International (IMF) per Oktober 2022, Kamis (20/10/2022), Makau menjadi negara dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi tertinggi di Asia pada 2023. PDB negara yang merupakan wilayah administratif khusus Tiongkok tersebut diperkirakan meningkat hingga 56,7% pada tahun depan. 

Palau menempati posisi kedua lantaran pertumbuhan ekonominya diperkirakan mencapai 12,3% pada 2023. Setelahnya ada Fiji dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi sebesar 6,9%. 

Lalu, ekonomi Kamboja dan Vietnam sama-sama diproyeksikan tumbuh 6,2%. India dan Maladewa juga masuk daftar ini lantaran ekonominya masing-masing tumbuh sebesar 6,1%. 

Posisi kedelapan ditempati oleh Bangladesh. Negara yang terletak di Asia Selatan tersebut diperkirakan memiliki pertumbuhan ekonomi sebesar 6% pada tahun depan. Adapun, ekonomi Indonesia diperkirakan masih tumbuh sebesar 5% pada 2023. 

Angka tersebut lebih rendah dari proyeksi pertumbuhan ekonomi sebelumnya yang sebesar 5,2%. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatkan, kondisi eksternal perlu diwaspadai.

Meskipun Indonesia masih diprediksi tumbuh di atas 5% pada 2022 dan 2023. "Bagaimanapun, kondisi eksternal faktor mempengaruhi ekonomi kita," imbuhnya.

Tidak hanya itu, Sri Mulyani juga mengingatkan akan risiko krisis utang. Risiko ini dipicu oleh kenaikan cost of fund dan default atau kondisi gagal bayar di banyak negara yang sudah dalam posisi exposure utangnya cukup besar.

"Seberapa banyak negara masuk krisis default yang kemudian muncul juga dalam kondisi ekonomi? Ini kondisi makin rumit. Jadi global economy semakin kompleks," akunya. (tim redaksi)

#perlambatanekonomi
#pertumbuhanekonomi
#prediksipertumbuhanekonomi
#negarasiatahanresesi
#imf
#ekonomi

Tidak ada komentar