Breaking News

Subroto Award 2022 Bawa Pesan Penting, Tantangan Sektor ESDM terhadap Perubahan Iklim

Penganugerahan Penghargaan Subroto Award 2022. Foto: Istimewa/ Dok.Kementerian ESDM

WELFARE.id-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menggelar Penganugerahan Penghargaan Subroto Award. Penghargaan tertinggi di sektor ESDM itu digelar kali kelima sejak 2017 dan digelar bertepatan dengan Hari Jadi Pertambangan dan Energi.

Tahun ini, Hari Jadi Pertambangan dan Energi memasuki usia ke-77. Penghargaan diberikan kepada para pemangku kepentingan yang telah melakukan kinerja terbaik dalam memajukan sektor ESDM di Indonesia.

Salah satu perusahaan tambang yang diganjar penghargaan adalah PT Berau Coal. Komitmen mereka dalam pengembangan dan pemberdayaan kemandirian masyarakat lewat Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) mendapatkan apresiasi melalui Penghargaan Subroto.

PT Berau Coal memenangkan kategori penghargaan yang baru ada tahun ini yaitu penghargaan untuk Program PPM Batubara Terinovatif tahun 2022. Deputy Director Operation HSE & Support Relations PT Berau Coal Feri Indrayana menjelaskan, kategori Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Batubara Terinovatif yang diraih dalam ajang Subroto Award ini merupakan prestasi yang membanggakan untuk perusahaan.

Pihaknya juga sangat bersyukur menerima penghargaan tersebut. Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat merupakan komitmen perusahaan dalam memajukan aspek-aspek kehidupan masyarakat. 

"Mulai dari pendidikan, ekonomi, sosbudling, kesehatan, hingga infrastruktur," bebernya, dikutip Sabtu (15/10/2022). Subroto Award merupakan wujud apresiasi dari pemerintah atas program yang telah dijalankan perusahaan, serta memberikan sentuhan inovasi untuk dapat mengoptimalkan kontribusi kepada masyarakat.

"Dengan prestasi ini, kami berupaya agar dapat konsisten menjalankan program-program yang berdampak dan berkelanjutan untuk masyarakat," janjinya. Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas usaha dan inovasi yang telah dikembangkan oleh penerima Penghargaan Subroto 2022 dalam memajukan sektor ESDM.

"Acara ini menjadi momen spesial bagi kita semua sebagai agenda tahunan yang telah memasuki tahun kelima penyelenggaraannya, sekaligus merupakan rangkaian Hari Jadi Pertambangan dan Energi," ujar Arifin. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder karena sudah berpartisipasi dalam Penghargaan Subroto tahun 2022.

Dirinya berpesan, agar terus bekerja keras untuk memberikan manfaat yang lebih luas kepada semua pihak. "Saya mengucapkan selamat kepada para penerima Penghargaan Subroto 2022. 

Prestasi dan sumbangsih tanpa pamrih Bapak/Ibu sekalian memiliki makna besar bagi kemajuan bangsa. Semoga dengan dilaksanakannya Penghargaan Subroto 2022, seluruh stakeholder sektor ESDM tetap memantapkan niat, kontribusi, dan kerja keras bersama untuk mewujudkan sektor ESDM yang dapat memberikan manfaat optimal bagi semua pihak," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pertambangan dan Energi periode 1978-1988, Prof. Subroto yang hadir secara virtual menyampaikan solusi dari tantangan yang akan dihadapi oleh sektor ESDM berkaitan dengan perubahan iklim. Pertama, mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) menjadi lebih tinggi dari 14 persen saja sekarang. 

Kedua, adalah bagaimana untuk secepatnya bisa menurunkan zero emission dari pada ekonomi kita. Menurutnya, kebijakan untuk meningkatkan porsi bauran EBT dari 14 persen menjadi 23 persen sudah tepat. 

Namun demikian, EBT untuk meningkatkan industrialisasi negara saja tidak cukup. "Oleh karena itu, perlunya mencari sumber-sumber energi baru. Adapun itu, kemungkinan ada dua alternatif yang dapat kita manfaatkan ke depannya yakni hidrogen dan nuklir. Ini juga menjadi tantangan baru di Kementerian ESDM," ungkapnya.

13 bidang penghargaan untuk 54 pemenang

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana menyampaikan, bahwa Kementerian ESDM memberikan 13 bidang penghargaan kepada 54 pemenang di sektor ESDM. Rida berharap penghargaan ini akan memotivasi dan meningkatkan kontribusi masyarakat dalam mengawal kinerja Pemerintah.

"Penghargaan Subroto diharapkan akan lebih memotivasi dan meningkatkan kontribusi seluruh insan masyarakat untuk turut aktif mengawal dan mendukung kerja Pemerintah dalam memajukan sektor ESDM," harapnya.

Pada tahun ini, Kementerian ESDM memberikan apresiasi kepada 54 pemenang dari 13 bidang penghargaan di lingkungan Kementerian ESDM, yaitu:

1. Wartawan Energi (Foto dan Karya Tulis Jurnalistik): 2 pemenang;
2. Keselamatan Migas dan Pemanfaatan Gas Suar pada Kegiatan Usaha Migas: 6 pemenang;
3. PNBP dan Kinerja Keuangan Hulu Minyak dan Gas Bumi : 3 pemenang;
4. Keselamatan Ketenagalistrikan: 6 pemenang;
5. Inovasi Teknologi Pertambangan Mineral dan Batubara yang Efektif Menuju Net Zero Emission: 3 pemenang;
6. PNBP Mineral dan Batubara: 5 pemenang;
7. Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Mineral Terinovatif: 6 pemenang;
8. Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Batubara Terinovatif: 6 pemenang;
9. Efisiensi Energi: 6 pemenang;
10. Pengelolaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Serta Lindungan Lingkungan (K3LL) Panas Bumi: 2 pemenang;
11. Bioenergi: 1 pemenang;
12. Geologi: 2 pemenang; dan
13. Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral: 6 pemenang.
(tim redaksi)

#subrotoaward2022
#kementerianesdm
#penghargaaninsanesdm
#sektorpertambangan
#ptberaucoal
#penghargaan

Tidak ada komentar