Breaking News

Suami Ditahan Kasus KDRT, Polisi Proses Pencabutan Laporan Lesti Kejora kepada Rizky Billar

Lesti Kejora didampingi sang ayah saat mendatangi Polres Metro Jakarta Selatan, Jumat (14/10/2022). Foto: Istimewa

WELFARE.id-Kasus laporan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Lesti Kejora terhadap suaminya, Rizky Billar berakhir damai. Itu terjadi setelah Billar ditetapkan tersangka dan ditahan oleh Polres Metro Jakarta Selatan. 

Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi mengatakan pihaknya tengah memproses pencabutan laporan tersebut. 

"Prosesnya tetap kita terima semua, bahwa dia mencabut laporan. Kan sudah semalam, nanti ada judulnya perdamaian kita pertemukan, kita undang jadi itu memang ada mekanismenya semua," kata Nurma kepada wartawan, Jumat sore (14/10/2022).

Nurma kembali menjelaskan kasus ini merupakan delik aduan. Kendati demikian, kata Nurma, ada proses yang masih harus ditempuh setelah pencabutan laporan dilakukan untuk menghentikan kasus tersebut.

”Kita punya mekanisme kerja. Mekanisme kerja ini kita harus jalani, punya proses, misal ini harus memang pencabutan dari laporan polisi, ada namanya mediasi restorative justice," ujarnya juga.

Disampaikan Nurma lagi, rencana proses mediasi itu akan dilakukan pada Jumat (14/10/2022). Namun, ia belum menjelaskan lebih lanjut terkait proses ini.
"Ini bisa selesai hari ini, kita lakukan restorative justice," cetusnya juga. 

Untuk diketahui, upaya pencabutan laporan oleh Lesti Kejora ini pertama kali diungkapkan oleh Rizky Billar saat ditampilkan dalam konferensi pers di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis siang (13/10/2022). ”Istri saya mau cabut laporan," paparnya. 

Pencabutan laporan ini juga dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombespol Endra Zulpan. Kata dia, pencabutan laporan merupakan hak dari Lesti Kejora selaku pelapor.

"Setelah kami tetapkan tersangka dan melakukan penahanan, pihak Lesti tiba-tiba dia datang dan ingin cabut laporan," kata Zulpan, Kamis (13/10).

Untuk diketahui Billar telah ditetapkan sebagai tersangka KDRT atas laporan yang dibuat oleh istrinya, Lesti Kejora. Ia dijerat Pasal 44 ayat 1 UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan KDRT dengan ancaman pidana lima tahun penjara.

Polisi juga telah menahan Billar untuk 20 hari ke depan. Salah satu alasannya agar Rizky tak lagi mengulangi perbuatannya kepada korban.

Kasus ini bermula dari laporan Lesti Kejora terhadap suaminya, Rizky Billar ke Markas Polres Metro Jakarta Selatan terkait dugaan KDRT yang dialaminya. Akibat aksi kekerasan itu, Lesti mengalami lebam dan pergeseran tulang leher. 

Laporan polisi itu teregister dengan nomor LP/B/2348/IX/2022/SPKT/Polres Metro Jakarta Selatan/Polda Metro Jaya dan ditangani Unit Perlindungan Perempuan dan Anak. (tim redaksi)


#kdrt
#kekerasandomestik
#lestikejora
#rizkybillar
#polresmetrojakartaselatan
#poldametrojaya
#cabutlaporan

Tidak ada komentar