Breaking News

Soal Wamil Member BTS Diputuskan Desember

BTS (instagram) 

WELFARE.id-Keputusan wajib militer (wamil) yang harus dijalankan oleh para member BTS akan ditetapkan pada Desember 2022. Hal ini diumumkan oleh Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata (MCST) Korea Selatan Park Bo-kyun kala menghadiri inspeksi parlemen Majelis Nasional soal administrasi. 

Tanggapan dari Menteri Park dinyatakan usai kader Partai People Power, Lee Yong-ho, terus mendesak terkait keputusan wamil untuk member tertua BTS, Kim Seok Jin atau lebih dikenal dengan Jin. 

"Pendaftaran member atas nama Jin akan diselesaikan pada bulan Desember, tetapi (kementerian) MCST akan memberikan keputusan akhir sesegera mungkin sebelum itu," ujar Menteri Park menjawab pertanyaan Lee Yong-ho, seperti dilansir dari 10 Asia via Naver, Jumat (7/10/2022). 

Ketetapan Undang-Undang Dinas Militer Tahun 2020 Korsel menerangkan bahwa warga negara laki-laki Korsel berusia 18-28 tahun diwajibkan menjalani wajib militer selama dua tahun. Sesuai dengan amandemen UU tersebut, Jin wajib mendaftarkan dirinya dalam ikatan militer jika merujuk pada usianya. 

Untuk diketahui, Jin selaku member paling senior dari BTS merupakan pria kelahiran 4 Desember 1992, tahun ini memasuki usia 30 tahun. Padahal, syarat wajib wamil pria di Kore Selatan adalah berusia 18 hingga 28 tahun. 

Menanggapi polemik ini, Menteri Park juga menyatakan bahwa pihaknya telah meninjau perbedaan tanggapan publik atas wajib atau tidaknya member BTS untuk terlibat wajib militer. 

Park merujuk pada sifat suci dari mandat wajib militer yang selaras dengan kepentingan dan ketahanan nasional. "Kami meninjau isu ini secara komprehensif dengan melihat berbagai aspek, termasuk poin yang mana pertahanan nasional adalah tugas suci, dan tugas militer adalah simbol keadilan," jelas Park. 

Namun di sisi lain, Park juga mengakui bahwa BTS telah membuat kebudayaan Korea Selatan menjadi dikenal luas melalui karya-karyanya. Hal itu pula yang turut mendongkrak ekonomi dari Korea Selatan. "BTS memang telah membuat Korea dikenal sebagai pelopor budaya Korea hingga menciptakan efek riak ekonomi yang sangat besar. Namun, terdapat masalah kesetaraan antara para artis populer termasuk BTS dan siapapun yang memiliki produk kesenian," katanya. 

"Tentu itu akan memengaruhi grup itu ketika salah satu member BTS bergabung dalam militer, akan ada (hasil) analisis dari opini publik dan opini pria di usia 20-an, dan sebagainya," lanjutnya. 

Adapun amandemen untuk Undang-Undang Dinas Militer kini tengah tertunda di Majelis Nasional. Jika itu telah disahkan, maka member BTS akan terbebas dari kewajiban dinas militer. 

Namun, jika pengecualian itu tidak berlaku, Jin harus menjalani wajib militer awal tahun depan. Tak hanya Jin, seluruh member BTS lain juga harus menjalani wamil. (tim redaksi) 

#bts
#army
#jin
#wamil
#wajibmiliter
#kpop
#kwave

Tidak ada komentar