Breaking News

Soal Rasa Jangan Ditanya, Jajal 6 Kuliner Legendaris Ini Buat Rekomendasi Makan Siang

Gado-Gado Bonbin di Cikini, Jakarta Pusat. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Buat kamu warga Jakarta mau makan siang tapi bingung mau kemana? Jangan bingung, pasalnya, di Jakarta banyak banget rumah makan dan restoran yang bisa jadi rekomendasi makan siang kamu.

Melansir dari berbagai sumber, Rabu (5/10/2022), banyak kuliner legendaris yang awet enaknya, sehingga mampu bertahan tak tergerus zaman dan tren makanan kekinian. Mau tahu dimana saja?

1. RM Pondok Djaja

Sudah ada sejak 1969, Rumah Makan Padang yang satu ini terkenal banget di Jalan Hasyim Ashari, Jakarta Pusat. Banyak yang bilang RM Pondok Djaja nggak autentik lantaran rasa makanannya khas Minang Melayu dengan ciri perpaduan masakan Padang dan peranakan.

Sebagai rumah makan Padang tertua, menu paling laris di sini bukan rendang, melainkan ayam goreng. Buka mulai pukul 11.00 sampai 16.00 saja, jadi jangan sampai kesorean ya kalau ke sana.

2. Restoran Trio

Sudah ada sejak 1947, Restoran Trio yang ada di Jalan Soeroso, Cikini, Jakarta Pusat ini menawarkan menu chines food beragam. Tapi, ini khusus resto nonhalal ya, jadi buat kamu yang Muslim dilarang makan disini.

Jam bukanya agak tricky, dari pukul 10.00 sampai 14.00, kemudian buka lagi pukul 16.00 sampai 20.00. Harganya agak pricey, kisaran ratusan ribu per orang. Meski restoran, rasa makanan di sana rumahan banget, jadi inget makanan buatan ibu dan kampung halaman. 

3. Bakso Kumis Blok S

Bakso legendaris ini sudah ada sejak 1970-an. Gampang banget cari Bakso Kumis Blok S, kalian tinggal datang ke Pujasera Blok S di Jalan Birah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Bukanya mulai pukul 09.00 sampai tengah malam. Bakso di sini jadi favorit lantaran kuahnya bening, nggak menggunakan rebusan tetelan dan tulang. 

Selain itu, rasa baksonya pun jadul, nggak aneh-aneh. Ada dua jenis bakso di tempat ini, bakso urat dan bakso halus. 

4. Gado-Gado Bonbin

Berada di Jalan Cikini IV No 5, RT 14 RW 5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta, gado-gado ini sudah berjualan sejak 1960. Gado-Gado Bonbin merupakan satu di antara kuliner legendaris di Jakarta yang wajib dicoba.

Seporsi gado-gado terdiri dari berbagai macam potongan sayuran dengan siraman bumbu kacang. Sayuran yang digunakan di antaranya kacang panjang, bayam, timur, kentang, tauge, kol, tahu dan telur. Agar rasanya makin enak ditambahkan emping serta kerupuk udang.

5. Laksa Betawi Asirot

Laksa Betawi Asirot terletak di Jalan Assirot No 1, RT 1 RW3, Sukabumi Selatan, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Kuah laksa di sini menawarkan bumbu rempah yang kuat yang terbuat dari perpaduan lengkuas, jahe, kunyit, biji pala, jinten, lada, serai, kemiri, daun jeruk, daun salam, ketumbar serta rebon.

Sedangkan isian laksanya terdiri dari tahum tekur hingga daging semur yang dihidangkan berasama ketupat, daun kucai, tauge dan bawang goreng. Laksa Betawi Asirot merupakan kuliner lokal khas Jakarta legendaris yang sudah ada sejak tahun 1978 dan tetap bertahan hingga sekarang.

6. Es Krim Ragusa

Nah, untuk menutup makan siang, tak ada salahnya mencicipi yang manis-manis di Es Krim Ragusa. Kedai es krim ini sudah ada sejak 1932 lho.

Soal es krim, nggak ada yang lebih legendaris dari Es Krim Ragusa di Gambir. Vibe toko es krim jadul berasa banget di sini, jadi sebaiknya makan di tempat biar rasa es krim jadulnya makin nendang. 

Buka mulai pukul 10.00 sampai 21.00. Es krim favorit, jelas Spaghetti Ice Cream dan Banana Split. Versi rame pun ada, es krim tiga rasa yaitu nougat, strawberry, vanilla dengan bolu pandan dan coklat. (tim redaksi)

#kulinerlegendaris
#eskrimragusa
#rmpondokdjaja
#gadogadobonbin
#restorantrio
#laksabetawiasirot
#baksokumisbloks

Tidak ada komentar