Breaking News

Sering Sembelit, Lakukan Olahraga Ini Maka Buang Air Besar Lancar

Salah satu gerakan senam kegel yang bisa mengatasi sembelit. Foto: net

WELFARE.id-Selain perlu pengobatan dokter ternyata sembelit dapat dicegah dengan olahraga. Menurut Klinik Cleveland, Sabtu (22/10/2022), sembelit terjadi jika seseorang buang air besar (BAB) terjadi kurang dari tiga kali seminggu. 

Meskipun penyebab sembelit akan menentukan pengobatannya, menjadi lebih aktif secara fisik dapat membantu meningkatkan aktivitas otot di usus sehingga mengurangi sembelit.

Berikut ini berbagai latihan untuk membantu meringankan sembelit, dilansir dari laman Health Digest: 

1. Senam Kegel
Latihan kegel juga dikenal sebagai latihan otot dasar panggul, dapat membantu memperkuat otot-otot dasar panggul Anda. Mereka sering dimasukkan sebagai bagian dari program pelatihan ulang usus untuk membantu memperkuat otot dubur, memastikan pergerakan usus yang mudah.

Menurut sebuah studi tahun 2022 yang diterbitkan dalam jurnal StatPearls,latihan kegel telah menjadi andalan dalam mengelola kelemahan dasar panggul sejak 1948. Fisioterapis dapat menyesuaikan rutinitas dengan kebutuhan pengguna sehingga lebih mudah untuk diterapkan.
 
2. Kardio
Latihan kardiovaskular (atau kardio) adalah aktivitas fisik atau berirama yang dapat meningkatkan detak jantung Anda. 

American Heart Association merekomendasikan setidaknya 150 menit latihan aerobik intensitas sedang atau 75 menit latihan aerobik intensitas tinggi setiap minggu. Berlari dan berenang adalah contoh yang baik dari latihan kardio atau aerobik yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda.

Medline Plus juga merekomendasikan berjalan dan berenang setidaknya tiga sampai empat kali seminggu untuk menjaga saluran pencernaan tetap sehat. Saat berlari, pernapasan dan jantung Anda meningkat, yang membantu mengontraksikan otot usus Anda, yang pada akhirnya mendorong tinja keluar lebih cepat.

Menurut studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Physical Therapy and Rehabilitation Journal, latihan aerobik sedang dapat meningkatkan transit usus. Pada saat yang sama, para ahli menemukan latihan yang intens, seperti latihan kekuatan, meningkatkan waktu transit seluruh usus pada individu paruh baya, yang sebelumnya menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak.
 
3. Yoga
Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) mendefinisikan latihan yoga sebagai latihan mental, fisik, dan spiritual. 

Faktanya, jumlah orang Amerika yang berlatih yoga meningkat 50 persen, dari 20,4 juta pada 2012 menjadi lebih dari 36 juta pada 2016, menurut Harvard Health Publishing. Yoga memijat organ pencernaan Anda dan meningkatkan aliran darah dan pengiriman oksigen, yang dapat mendorong tinja untuk bergerak melalui usus Anda dengan mudah.
 
4. Napas Dalam
Menambahkan latihan pernapasan ke rutinitas bantuan sembelit datang dengan banyak manfaat. Mereka dapat membantu menenangkan dan memijat sistem Anda, yang secara signifikan meningkatkan peluang Anda untuk buang air besar dengan lancar, seperti yang dinyatakan oleh Michigan Medicine.

Pernapasan diafragma, misalnya, bisa berguna. Meskipun biasanya diresepkan untuk orang dengan masalah gastrointestinal (GI), itu juga dapat digunakan saat duduk di toilet untuk menenangkan sistem Anda dan meredakan sembelit. (tim redaksi)


#gayahidup
#kesehatan
#sembelit
#olahraga
#buangairbesar
#bab
#makanansehat

Tidak ada komentar