Breaking News

Serangan Balik ke Rusia, Uni Eropa Sepakat Latih 15 Ribu Tentara Ukraina

Tentara Ukraina. Foto: Ilustrasi/ AFP/ Sergei Supinsky

WELFARE.id-Usai menerapkan sanksi embargo ekonomi, negara Uni Eropa terus menekan Rusia dari berbagai arah. Kali ini, negara anggota Uni Eropa (EU) sepakat untuk menyelenggarakan pelatihan bagi maksimal 15.000 tentara Ukraina sesegera mungkin.

Melansir Reuters via majalah Spiegel, Rabu (5/10/2022), perincian final soal rencana pelatihan itu akan dirundingkan di Brussel, Belgia, pekan depan. Polandia juga bakal menerima kucuran dana dari EU untuk membentuk markas yang akan menjalankan skema pelatihan.

Beberapa bagian skema akan dijalankan di beberapa negara EU lainnya. Jerman memiliki rencana untuk menawarkan latihan di sebuah pusat simulasi tempur.

Sementara para ahli teknik, medis, dan spesialis lainnya juga akan dilatih di negara itu. Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan, pada Agustus bahwa pemerintahnya akan memberikan pelatihan bagi para tentara Ukraina.

Kementerian pertahanan Jerman mengatakan, mereka sedang menjalin kontak erat dengan mitra-mitranya di EU menyangkut misi pelatihan EU. "Hasilnya diharapkan akan segera muncul. Tapi kami tidak bisa mengantisipasi hal itu," imbuh juru bicara kementerian pertahanan. 

Setali tiga uang, Denmark juga dipastikan akan mendukung proyek pelatihan yang dipimpin Inggris bagi 130 prajurit itu. (tim redaksi)

#unieropa
#pelatihantentaraukraina
#perangrusiavsukraina
#kementerianpertahananjerman

Tidak ada komentar