Breaking News

Sepekan Banjir Belum Surut, Aceh Utara Masih Berlakukan Status Darurat

Seorang anak berdiri di atap rumahnya yang ambruk dilanda banjir di Desa Mancang, Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, Selasa (11/10/2022). Foto: Antara

WELFARE.id-Banjir di Kabupaten Aceh Utara hingga Selasa (11/10/2022) belum juga surut. Banjir yang dipicu curah hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah Aceh Utara sejak Selasa (4/10/2022) lalu.

Hingga kini sebanyak 39.847 jiwa atau 11.527 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di 15 kecamatan mengungsi ke lokasi yang lebih aman karena rumah mereka masih digenangi banjir. 

Seperti yang terjadi Desa Mancang, Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, hingga Selasa  (11/10/2022) masih menggenangi wilayah tersebut. Sejumlah rumah warga terendam hingga atap. 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara menetapkan status darurat banjir selama 14 hari ke depan sejak beberapa hari lalu lantarna banjir meluas di daerahnya. 

Kepala Bagian Kehumasan Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Utara Hamdani mengatakan, penetapan darurat dikeluarkan setelah rapat dan evaluasi dengan seluruh pemangku kebijakan. 

”Curah hujan yang tinggi di Kabupaten Aceh Utara mengakibatkan meluapnya sejumlah sungai seperti Krueng Keureutoe, Krueng Peutoe, Krueng Pirak, Krueng Nisam, Krueng Sawang, dan Krueng Pase, sehingga menyebabkan banjir," terangnya. 

Dia juga mengatakan pernyataan pemerintah daerah dengan status darurat banjir dikeluarkan Penjabat (Pj) Bupati Aceh Utara Azwardi pada 5 Oktober 2022.

Dalam surat pernyataan tersebut menyebutkan, akibat meluapnya beberapa sungai menyebabkan banjir yang merendam sedikitnya 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara. 

Adapun kecamatan yang terendam banjir yakni Pirak Timu, Matangkuli, Lhoksukon, Tanah Luas, Samudera, Kecamatan Cot Girek, Muara Batu, Geureudong Pase, Langkahan, Dewantara, Nibong, dan Paya Bakong. 

Banjir disebut merendam berbagai sarana dan prasarana publik, lahan pertanian, perkebunan, pemukiman penduduk dan juga sekolah yang membuat aktivitas warga lumpuh. (tim redaksi)


#banjir
#kabupatenacehutara
#provinsiaceh
#statusdarurat
#cuacaekstrem
#bencanaalam

Tidak ada komentar