Breaking News

Selain Kapolres Malang, Ini Daftar 9 Anggota Polri yang Dicopot Buntut Rusuh Stadion Kanjuruhan

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. Foto: net

WELFARE.id-Tragedi kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur berbuntut panjang. Ricuh yang menewaskan 131 orang itu dan ratusan lainnya terluka berujung pencopotan sejumlah anggota Polri.

Selain Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat, sejumlah perwira menengah Polri yang memimpin pengamanan pertandingan sepakbola itu kena sanksi.

Keputusan pencopotan AKBP Ferli diumumkan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo sesuai dengan perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Jabatan Kapolres Malang selanjutnya diganti oleh AKBP Putu Kholis.

"Menonaktifkan sekaligus mengganti Kapolres Malang. Penggantinya, AKBP Putu Kholis yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok Polda Metro Jaya," kata Dedi dalam konferensi pers di Polres Malang, Jawa Timur, Senin (3/10/2022).

Selain AKBP Ferli, sejumlah perwira Satuan Brimob Polda Jawa Timur juga dicopot buntut tragedi Kanjuruhan tersebut. Ada 9 personel Brimob yang dinonaktifkan.

"Melakukan penonaktifan jabatan danyon (komandan batalion), dankie (komandan kompi), dan danton (komandan pleton) Brimob sebanyak 9 orang," ucap Dedi lagi.

Berikut ini 9 anggota Brimob Polda Jatim yang dicopot dari jabatannya:
1. AKBP Agus Waluyo SIK (Danyon)
2. AKP Hasdarman (Dankie)
3. Aiptu Solikin (Danton)
4. Aiptu Samsul (Danton)
5. Aiptu Ari Dwiyanto (Danton)
6. AKP Untung (Dankie)
7. AKP Danang (Danton)
8. AKP Nanang (Danton)
9. Aiptu Budi (Danton)

Dedi juga mengatakan Polri tengah memeriksa polisi yang diduga melanggar kode etik terkait tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 125 orang. Saat ini, ada 28 anggota Polri yang menjalani pemeriksaan internal oleh Inspektorat Khusus.

"Dari hasil pemeriksaan Irsus (Inspektorat Khusus), Irwasum Polri, dan Biropaminal, update yang perlu saya sampaikan malam hari ini, sudah melakukan pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik anggota Polri sebanyak 28 personel Polri. Ini pun masih dalam proses pemeriksaan," cetusnya. (tim redaksi)


#tragedi
#stadionkanjuruhan
#aremania
#kabupatenmalang
#kapolresmalang
#kadivhumas
#mabespolri

Tidak ada komentar