Breaking News

Sayangi Mata, Ini Delapan Cara Menjaga Kesehatan Mata


Ilustrasi pemeriksaan mata oleh dokter. Foto: net

WELFARE.id-Mata merupakan organ vital yang perlu dilindungi. Kesehatan mata tidak hanya dijaga dengan merawat mata tetapi juga dengan menjaga kesehatan secara keseluruhan dengan memperbaiki gaya hidup.

Pada era pascapandemi Corona terjadi kasus lonjakan kekeringan mata secara tiba-tiba karena kelelahan mata lantaran menggunakan handphone dan laptop selama berjam-jam yang bisa mengganggu kesehatan mata secara keseluruhan.

Dilansir dari Hindustantimes pada Jumat (22/10/2022), masalah paling serius yang menjadi perhatian global adalah obesitas dan diabetes, yang terkait dengan gaya hidup yang kurang gerak, kurang olah raga dan makan junk food yang pada gilirannya memiliki implikasi serius pada kesehatan mata.

Berikut delapan cara untuk meningkatkan kesehatan mata:

1. Konsumsi Makanan Sehat
Perbanyak sayur dan buah untuk vitamin E, A dan D. Ikan seperti salmon dan tuna merupakan sumber yang kaya akan asam lemak Omega 3. Sertakan kacang-kacangan dan biji-bijian (terutama biji rami) yang mengisi kembali asam lemak omega 3 dan menyediakan antioksidan untuk mata. Lalu, telur dan makanan jeruk harus dimasukkan. Gunakan campuran sayuran, minyak yang diperkaya dengan vitamin A dan D. Yang terpenting, minum banyak air yaitu sekitar 6 sampai 8 gelas air per hari.

2. Lakukan Yoga dan Olahraga
Aktiflah tidak hanya untuk menurunkan berat badan tetapi juga untuk menjaga kesehatan jantung, paru-paru dan mengatur gula darah normal. Dianjurkan untuk melakukan latihan mata untuk menjaga otot mata tetap kuat.

3. Berhenti Merokok dan Alkohol
Merokok dan alkohol tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan dan juga mata. Mereka meningkatkan risiko katarak dan dapat menyebabkan retinopati, degenerasi makula dan neuropati optik.

4. Kurangi Waktu Layar
Kurangi waktu menatap layar baik layak handphone atau layar komputer sebanyak mungkin. Beristirahatlah setiap 20 menit selama 20 detik dan lihatlah jauh dari jarak 20 kaki. Gunakan kacamata pelindung bluecut.

5. Perbaiki Kebiasaan
Tidur nyenyak minimal 7 sampai 8 jam. Keluar dan berjalanlah selama 30 menit setiap hari.

6. Kebiasaan Menyentuh Mata
Hindari menyentuh dan menggosok mata dengan tangan yang kotor. Kenakan kacamata hitam untuk melindungi mata Anda dari sinar UV yang berbahaya. Kenakan kacamata pelindung dalam olah raga, selama pekerjaan konstruksi dan perbaikan. Selalu ganti kosmetik mata setiap 6 sampai 8 bulan sekali.

7. Waspadai Penyakit yang Sudah Ada
Periksa dan pantau gula darah, BP dan kadar tiroid Anda secara teratur.
8. Pemeriksaan Mata Secara Teratur
Pilih pemeriksaan yang sering jika ada penyakit sistemik yang sudah ada sebelumnya. Setahun sekali pemeriksaan mata rutin diperlukan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa untuk menjaga kesehatan mata normal dan mendeteksi penyakit pada tahap awal mereka. (tim redaksi)

#gayahidup
#kesehatanmata
#matasehat
#konsumsimakanansehat
#penglihatan
#makananbergizi

Tidak ada komentar