Breaking News

Salurkan 6 Laptop, 50 Tongkat, dan Paket Beras, Perkumpulan Lions Indonesia Berbagi Kasih dengan Anggota PETKI Jakarta

Perkumpulan Tunanetra Kristiani Indonesia (PETKI) DKI Jakarta menerima bantuan kemanusiaan, berupa laptop, beras, dan tongkat putih dari Perkumpulan Lions Indonesia MD 307 Family and Woman Specialist di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (29/10/2022). Foto: WELFARE.ID

WELFARE.id-Perkumpulan Lions Indonesia MD 307 Family and Woman Specialist di International White Cane Day 2022 berbagi kasih dengan para disabilitas yang tergabung dalam Perkumpulan Tunanetra Kristiani Indonesia (PETKI) DKI Jakarta. 

Mereka bekerjasama dengan Lions Club Jakarta (LCJ) Millennium Sutra, LCJ Millennium Manunggal, LC Bandung Sangkuriang, dan PT Starmas Inti Alumunium Industry memberikan 6 buah laptop, 50 tongkat, dan paket beras langsung ke sekretariat PETKI DKI Jakarta, kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (29/10/2022).

LCIF Constitutional Area Leader VII Eveline N Chandra menjelaskan, pembagian tongkat untuk tunanetra sudah menjadi agenda rutin. Setiap bulan Oktober, dia dan teman-teman di Lions Club Indonesia (LCI) MD 307 membagikan tongkat putih sebagai bagian dari program Internasional White Cane Day. 

"Kali ini kami membagikan untuk para tunanetra di PETKI DKI Jakarta," ulasnya dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, tongkat adalah mata bagi penyandang tuna netra. 

Mereka membutuhkan uluran kasih dari masyarakat, karena harga tongkat juga tidak murah. Ketua DPD PETKI DKI Jakarta Mahreta Maha membenarkan, betapa bantuan tongkat dan laptop sangat bermanfaat bagi mereka penyandang tunanetra, khususnya bagi 150 anggota PETKI Jakarta. 

"Tongkat adalah pengganti mata kami. Sebagian besar dari kami bekerja di sektor informal, sehingga mobilitas kami tinggi. Sedangkan Jakarta belum sepenuhnya ramah disabilitas tunanetra," curhatnya.

Dia melanjutkan, paling tidak sebulan, satu kali mereka harus mengeluarkan anggaran untuk membeli tongkat. "Ada yang patah, tercebur ke got, hilang, dll. Sedangkan penghasilan kami juga terbatas," bebernya lagi.

Bagi Aris Yohanes Elean, anggota PETKI DKI Jakarta yang juga sarjana IT, pemberian laptop sangat berharga bagi para tunanetra agar tidak tergilas zaman. "Teknologi memudahkan manusia. Apalagi bagi kami penyandang tunanetra. 

Banyak hal yang bisa kami lakukan di era digitalisasi ini untuk meningkatkan kualitas hidup sebagai disabilitas," kata pria yang merupakan lulusan sarjana komputer tunanetra pertama dari Unpam. 

Pria yang jago membuat aplikasi itu juga memastikan, akan membantu teman tunanetra lain agar bisa memahami penggunaan dasar teknologi melalui pelatihan-pelatihan. Seperti misalnya, memakai m-banking, memesan makanan lewat aplikasi, dan membuat website atau aplikasi sebagai bagian dari pekerjaan mereka, sampai berwirausaha.

Sementara itu, anggota DPD RI Sylviana Murni yang juga Past District Governor (PDG) LCI berjanji akan membantu dan memberi kemudahan agar ke depan PETKI DKI Jakarta bisa semakin berkembang sebagai organisasi bagi penyandang tunanetra, khususnya yang berasal dari umat Kristiani. 

"Tolong dibenahi AD/ART-nya, lalu daftarkan PETKI Jakarta ke Kesbangpol, supaya terdaftar resmi. Sehingga nanti pada gilirannya bisa mendapatkan dana hibah dari Pemprov DKI Jakarta, saya akan bantu," janjinya. (tim redaksi)

#lionsclubindonesiamd307
#lionsclubjakarta
#petkidkijakarta
#perkumpulantunanetrakristianiindonesia
#penyandangtunanetra
#tongkattunanetra
#berbagikasih
#baksoskemanusiaan

Tidak ada komentar