Breaking News

Salju Longsor di Pegunungan Himalaya, Empat Pendaki Asal India Tewas dan 33 Lainnya Terjebak

Para pendaki melintasi wilayah Syangboche yang merupakan salah satu puncak gunung di Pegunungan Himalaya. Foto: Prakash Mathema/AFP 

WELFARE.id-Bencana salju longsor terjadi lagi di Himalaya. Kali ini bencana itu terjadi di pegunungan es yang masuk wilayah India. Longsoran salju  menghantam tim pendaki gunung asal India yang membuat sedikitnya empat orang tewas dan puluhan lainnya dilaporkan hilang.

Saat longsor terjadi, sebanyak 34 peserta pelatihan dan tujuh instruktur sedang berlatih navigasi di Gunung Himalaya tersebut. Saat itu, peserta pelatihan terkena longsoran salju saat turun dari puncak Gunung Himalaya yang berlokasi di negara bagian utara Uttarakhand.

"Delapan orang dari kelompok itu diyakini telah diselamatkan dan sisanya terjebak di jurang,” terang tim penyelamat seperti dikutip dari BBC, Rabu (5/10/2022).
Upaya pencarian dihentikan pada malam hari karena hujan dan salju.

Laporan media lokal India menyebutkan jumlah korban mungkin meningkat secara signifikan lantaran salju terus turun dan  cuaca bertambah dingin yang membuat para korban terjebak mungkin tidak bertahan.


Untuk diketahui, puluhan anggota kelompok pendaki gunung yang dilanda bencana itu berasal dari peserta pelatihan dari Nehru Institute of Mountaineering di Uttarkashi tak jauh dari lokasi pendakian. 

Laporan tersebut menyebutkan kalau peserta pelatihan itu baru kembali dari Gunung Drupadi Danda-2 yang memiliki ketinggian 5.670m (18.602 kaki) ketika longsoran salju melanda jalur yang mereka lintasi.

”Pihak berwenang yang akan melakukan penyelamatan disiagakan pada Selasa (4/10/2022) sekitar pukul 09.30 waktu setempat  (04.00 GMT),” terang salah satu petugas penyelamat.

Hasil penyelamatan sementara, empat orang tewas dari 33 orang yang terperangkap di longsoran salju. ”8 dari mereka telah diselamatkan dan sisanya terjebak di dalam jurang," terang Ridhim Aggarwal dari Pasukan Tanggap Bencana Negara kepada kantor berita AFP.

Sebelumnya, Kepala Polisi Uttarakhand Ashok Kumar mengatakan kalau Angkatan Udara India sedang melakukan pengintaian udara di gunung tempat longsor terjadi. ”Tidak mudah untuk mencapai lokasi para pendaki gunung itu,” ujarnya kepada Reuters.

Sedangkan Menteri Pertahanan India Rajnath Singh mengungkapkan kesedihannya di Twitter pribadinya. "Sangat sedih dengan hilangnya nyawa berharga karena longsor yang melanda ekspedisi pendakian gunung yang dilakukan oleh Nehru Institute of Mountaineering di Uttarkashi," tulisnya.

Untuk diketahui, insiden salju longsor yang menghantam para pendaki dari Nehru Institute of Mountaineering itu terjadi seminggu setelah tubuh pendaki gunung ski terkenal AS Hilaree Nelson ditemukan tewas di Himalaya, Nepal.

Nelson, yang dianggap sebagai salah satu pendaki gunung terhebat di generasinya, dilaporkan jatuh ke jurang yang dalam setelah mencapai puncak Gunung Manaslu yang merupakan salah satu puncak di Pegunungan Himalaya.

Pada hari yang sama dia hilang, satu orang tewas dan lebih dari selusin terluka dalam longsoran salju di bawah di puncak gunung yang sama. Kantor berita Press Trust of India melaporkan 10 orang tewas dalam peristiwa pekan lalu tersebut. (tim redaksi)


#bencanaalam
#himalaya
#saljulongsor
#nehruinstituteofmountaineering
#india
#negarabagianuttarakhand

Tidak ada komentar