Breaking News

Rudal Balistik Korut Ditembakkan ke Arah Timur, Jepang Peringatkan Warganya untuk Berlindung di Penampungan

Rudal Korea Utara. Foto: Ilustrasi/ KCNA via Reuters

WELFARE.id-Korea Utara (Korut) menembakkan rudal balistik tak dikenal ke arah timur Selasa (4/10/2022) pagi ini. Entah apa tujuan peluncuran rudal secara mendadak itu.

Langkah cepat pun dilakukan pemerintah Jepang, yang memerintah warganya untuk berlindung ke tempat penampungan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. 

Pada pukul 07.29, sistem peringatan peringatan rudal negara itu diaktifkan, dengan layar yang menunjukkan penyiar nasional NHK beralih ke pesan peringatan. 

"Korea Utara tampaknya telah meluncurkan rudal. Harap evakuasi ke gedung atau bawah tanah," bunyi peringatan itu. 

NHK mengatakan, peringatan itu berlaku untuk dua wilayah utara negara itu, di mana rudal itu diyakini menuju. Sekitar pukul 08.00 pagi, Kantor Perdana Menteri Jepang kemudian men-tweet: "Proyektil yang tampaknya seperti rudal balistik Korea Utara kemungkinan telah terbang di atas Jepang". 

Dalam sebuah pernyataan, Coast Guard Jepang mengatakan rudal itu tampaknya telah mendarat di Laut Jepang dan memperingatkan kapal-kapal di sana untuk tidak mendekati benda yang jatuh. 

"Korea Utara menembakkan rudal balistik tak dikenal ke timur," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut, melansir AFP, Selasa (4/10/2022).

Manuver militer rezim Kim Jong Un itu terjadi ketika Korea Selatan meningkatkan latihan militer dengan Amerika Serikat. Ini bukan kali pertama. 

Sepanjang tahun ini, Korut telah melakukan serangkaian uji coba rudal, termasuk menembakkan rudal balistik jarak pendek empat kali pekan lalu. Uji coba senjata intensif Pyongyang diduga dilakukan saat Seoul, Tokyo, dan Washington meningkatkan latihan militer bersama untuk melawan ancaman yang berkembang dari Pyongyang. 

Latihan militer semacam itu membuat marah Korut, yang melihatnya sebagai latihan untuk invasi. Wakil Presiden AS Kamala Harris berada di Seoul minggu lalu dan mengunjungi Zona Demiliterisasi (DMZ) yang membagi Semenanjung Korea dengan penjagaan ketat. (tim redaksi)

#rudalbalistikkorut
#rudalkorut
#pemerintahjepang
#wargajepangevakuasi
#tempatpenampungan
#koreautara
#kimjongun
#latihanmiliter

Tidak ada komentar