Breaking News

Rencana MRT Jakarta Caplok KCI, Serikat Pekerja Kereta Api Ancam Mogok Massal!

MRT Jakarta. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Rencana MRT Jakarta mengakuisisi PT KAI Commuter Indonesia (KCI) ditentang keras Serikat Pekerja Kereta Api Indonesia. Ketua Umum Serikat Pekerja Kereta Api Edi Suryanto menyebut, akuisisi tersebut bertentangan dengan regulasi.

"Karena penugasan angkutan massal KRL dengan skema PSO itu kepada BUMN PT KAI, lalu diteruskan kepada anak perusahaannya yakni PT KCI selama ini tidak masalah. Karena KAI yang punya mayoritas saham PT KCI," ujar Edi dalam keterangannya, dikutip Selasa (11/10/2022).

Ia menilai, meskipun Kejaksaan Agung telah menyampaikan pendapat bahwa harus dilakukan akuisisi dalam integrasi transportasi, tetapi pendapat itu belum sebuah dasar pijakan aturan kebijakan hukum. "Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA) masih tetap konsisten menolak rencana pencaplokan saham 51% PT KAI di PT KCI," imbuhnya.

Ia lantas melanjutkan, para pekerja kereta api menolak rencana integrasi antar moda transportasi. Bahkan, para pekerja kereta api mengancam mogok kerja, jika rencana akuisisi tersebut dijalankan.

"Untuk mencegah adanya permasalahan hukum yang serius dikemudian harus, jika aksi korporasi akuisisi tetap dilakukan, maka serikat pekerja kereta api akan melakukan ancaman mogok kerja," tegasnya. 

Memang, dalam penyelenggaraan sarana Perkeretaapian di Jabodetabek oleh PT KCI terdapat pelaksanaan penugasan PSO pemerintah yang diberikan melalui Kementerian Perhubungan kepada KAI berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2012 tentang Kewajiban Pelayanan Publik dan Subsidi Angkutan Perintis bidang perkeretaapian. 

Biaya penggunaan prasarana perkeretaapian milik negara, serta perawatan dan pengoperasian prasarana perkeretaapian milik negara. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI berupaya agar PT MRT Jakarta segera mengakuisisi saham KCI. 

Adapun PT MRT Jakarta telah mengajukan penyertaan modal daerah (PMD) senilai Rp1,7 triliun dalam pembahasan APBD Perubahan (APBD-P) DKI 2022. Nilai tersebut setara dengan 51 persen saham PT KCI. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, rencana akuisisi PT KCI ini berdasarkan amanat Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas. 

"Ini kan amanat (dalam) rapat terbatas Pak Presiden yang notulensinya sudah ada. Artinya, Jakarta terus berupaya (untuk melakukan) apa yang sudah diamanatkan Pak Presiden, untuk akuisisi PT KCI," ujar Syafrin, beberapa waktu lalu.

Adapun Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas mengenai tata kelola transportasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), pada 8 Januari 2019. Dalam rapat tersebut, Jokowi menegaskan bahwa pengelolaan sistem transportasi di Jabodetabek mesti sederhana dan terpadu. (tim redaksi)

#mrt
#kci
#integrasimodatransportasijakarta
#dinasperhubungandkijakarta
#serikatpekerjakeretaapi
#ancamanmogokmassal

Tidak ada komentar