Breaking News

Rekomendasi 5 Lembah Cantik, Wajib Masuk Bucket List Kamu!

Lembah Harau di Sumatera Barat. Foto: Instagram @kiddrock85 via @wisatapadang

WELFARE.id-Indonesia kaya pemandangan alam. Mau ke objek wisata laut, hutan, gunung, hingga lembah, tinggal pilih.

Nah, jika kamu hobi traveling dan hiking, ada sejumlah lokasi objek wisata yang bisa masuk "bucket list" kamu. Merangkum berbagai sumber, berikut 5 lembah indah yang bisa kamu kunjungi.

Tapi sebelumnya, harus rela jalan kaki, untuk mendapatkan view istimewa. Pemandangan lembah nan hijau nan memesona:

1. Lembah Purba 

Berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dari Jakarta bisa diakses 3 sampai 4 jam perjalanan dengan motor atau mobil.

Perjalanan ke Lembah Purba dimulai dari pintu gerbang Situgunung Suspension Bridge. Butuh waktu 1 jam untuk sampai. 

Tapi, sembari jalan, kamu bisa menikmati suasana hutan yang tenang. Curug kembar atau Lembah Purba diapit oleh tebing tebing tinggi. 

Pemandangan di sekitarnya sangat memesona, udaranya sejuk. Tapi hati-hati, karena jalannya kadang licin.

2. Alun-Alun Mandalawangi Gunung Pangrango

Alun-alun Mandalawangi Gunung Pangrango jadi spot selanjutnya buat kamu yang ingin melihat keindahan bunga keabadian itu. Berada di puncak Gunung Pangrango dengan ketinggian 3.019 MDPL, alun-alun atau lembah Mandalawangi jadi salah satu spot edelweis terbaik dan terindah.

3. Lembah Harau
 
Selanjutnya adalah Lembah Harau, yakni sebuah ngarai dekat Kota Payakumbuh di Kabupaten Limapuluh Koto, provinsi Sumatera Barat. Kawasan ini diapit oleh dia bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter berupa batu pasir yang terjal berwarna-warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter.

Pemandangan di Lembah Harau ini sangat menakjubkan, memesona dan dapat menyegarkan penglihatan kamu. Udaranya masih bersih dan sangat sejuk.

Saat ke Lembah Harau, kamu tak hanya melihat pemandangan perbukitan saja, tapi ada juga tujuh air terjun di kawasan itu, yaitu Air Terjun Aka Barayun, Sarasah Donat, Sarasah Boenta, Sarasah Talang, dan Sarasah Murai. Ketinggian masing-masing air terjun berbeda-beda antara 50-90 meter.

Air terjun tersebut mengalir dari atas jurang yang membentang di sepanjang Lembah Harau. Terbentuknya Lembah Harau dikarenakan adanya patahan atau block yang turun membentuk lembah yang cukup luas dan datar.

4. Lembah Ramma

Selanjutnya adalah Lembah Ramma yang berlokasi di Gowa, Sulawesi Selatan. Pemandangan di sini benar-benar sangat menakjubkan, dan kamu akan dibuat terpesona karena keindahannya.

Di Lembah Ramma, kamu akan diperlihatkan hamparan rerumputan hijau, serta nuansanya yang menenangkan dan udaranya pun sangat sejuk. Cocok bagi kamu yang ingin mencari tempat healing dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Nah jika kamu tertarik datang ke Lembah Ramma, bisa datang ke Malino dari Makassar. Waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar dua jam. Setelah itu Anda bisa melanjutkannya pergi ke Desa Lembanna, ikuti jalan maka kamu akan sampai di tujuan.

5. Lembah Baliem

Lembah Baliem merupakan lembah di pegunungan Jayawijaya dan terkenal dengan keeksotisannya. Berada di ketinggian 1600 meter dari permukaan laut, serta dikelilingi pegunungan dengan pemandangannya yang indah dan masih alami. 

Suhu bisa mencapai 10-15 derajat celcius pada waktu malam. Lembah ini juga dikenal sebagai grand baliem valley, yang merupakan tempat tinggal suku Dani yang terletak di Kampung Wosilimo, 27 km dari Wamena, Papua Pegunungan. 

Selain suku Dani beberapa suku lainnya hidup bertetangga di lembah ini yakni suku Yali dan suku Lani. Panjang Lembah Baliem sekitar 80 kilometer, serta lebarnya lebar sekitar 20 kilometer dan terletak di ketinggian sekitar 1.600-1.700 m, dengan populasi sekitar 100.000 jiwa. (tim redaksi)

#lembahcantik
#wisatalembah
#pemandanganalam
#destinasiwisataalam
#objekwisata
#wisataalam
#pariwisataindonesia

Tidak ada komentar