Breaking News

Qatar Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Ilustrasi (instagram) 

WELFARE.id-Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akhirnya resmi memilih Qatar sebagai negara tuan rumah Piala Asia 2023. Sebelumnya ada tiga kandidat tuan rumah yakni Qatar, Korea Selatan dan Indonesia. 

AFC mengumumkan kepastian tersebut melalui website resmi mereka pada Senin (17/10/2022), tak lama setelah menggelar rapat Komite Eksekutif ke-11. 

Dalam pernyataannya, AFC melalui Presiden Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, mengucapkan selamat kepada Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA) yang telah terpilih menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. 

Pada kesempatan yang sama, Shaikh Salman juga mengapresiasi Indonesia dan Korea Selatan yang sebelumnya juga mengajukan proposal menjadi tuan rumah Piala Asia. "Atas nama AFC dan seluruh keluarga besar sepak bola Asia, saya ingin mengucapkan selamat kepada Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA) yang telah terpilih sebagai tuan rumah Piala Asia 2023," ujar Shaikh Salman. 

“Kami juga harus berterima kasih kepada Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) dan Asosiaso Sepak Bola Korea (KFA) yang telah menjelaskan niat mereka untuk menggelar turnamen," tambahnya. 

Qatar merupakan juara bertahan Piala Asia. Ini akan menjadi kali ketiga bagi Qatar menggelar turnamen sepak bola antarnegara terbesar di Asia. 

Sebelumnya, Qatar yang juga bakal menjadi negara host Piala Dunia 2022, pernah menjadi tuan rumah Piala Asia edisi 1988 dan 2011. “Kemampuan dan rekam jejak Qatar dalam menyelenggarakan acara olahraga internasional besar dan perhatian mereka yang cermat terhadap detail sangat dikagumi di seluruh dunia," tukasnya. 

"Kami yakin bahwa Qatar akan menampilkan tontonan yang layak sesuai dengan prestise dan status permata mahkota Asia.," imbuhnya. 

“Saya juga harus memuji AFC karena menunjukkan profesionalisme terbaik dalam melakukan proses bidding cepat yang adil dan transparan," imbuh Shaikh Salman. 

Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 menggantikan Tiongkok yang mengundurkan diri. Piala Asia dijadwalkan berlangsung pada 16 Juni-16 Juli 2023. Indonesia akan ikut berkompetisi. (tim redaksi) 

#sepakbola
#football
#pialaasia2023
#qatartuanrumahpialaasia
#qatar
#afc
#asiancup2023

Tidak ada komentar