Breaking News

Profil Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombespol Ade Ary Syam Indradi yang Tangani Kasus KDRT Lesti Kejora

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombespol Ade Ary Syam Indradi. Foto: net  

WELFARE.id-Meski laporan dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) atas laporan sang istri, Lesti Kejora sudah dicabut tapi polisi menahan Rizky Billar. Akibatnya, pengacara Rizky Billar, Hotma Sitompul berang. 

Padahal sebelumnya, ujar Hotma juga, pihak pelapor yakni Lesti Kejora sudah mencabut laporannya dan akan berdamai dengan Rizky Billar, sebelum penetapan tersangka kliennya tersebut.

Namun hal tersebut, ungkap Hotma Sitompul tak digubris pihak Polres Metro Jakarta Selatan, dan tetap menampilkan Rizky Billar sebagai tersangka KDRT di hadapan awak media dalam konferensi pers.

Dikutip dari tayangan YouTube KH Infotainment, Hotma mengatakan sangat emosi kliennya ditetapkan tersangka dan ditahan. Apalagi, pihaknya sebelumnya terus mendorong agar Lesti Kejora dan Rizky Billar untuk berdamai.

"Tujuan hukum tertinggi adalah ketertiban dalam masyarakat, ini dua orang sudah berdamai kenapa Kapolres Jakarta Selatan masih tetap membuat perkara ini menjadi panjang?," cetus Hotma Sitompul juga.

Hotma juga mengklaim bahwa Lesti Kejora sudah menghubungi pihak Polres Metro Jakarta Selatan untuk mencabut laporannya. Bahkan disebut Hotma, Lesti menangis dan memohon.

Bahkan kata Hotma, kliennya sudah mencukupi syarat sebagai restorative justice, namun masih dilakukan penahanan. 

Seperti diketahui, Kombespol Ade Ary Syam Indradi adalah Kapolres Metro Jakarta Selatan yang baru saja menjabat. Sebelumnya, Ade Ary Syam Indradi namanya masuk dalam daftar polisi yang dimutasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri menunjuk Kombespol Ade Ary Syam Indradi sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan. Penunjukan tersebut tercantum dalam surat telegram nomor: ST/2046/IX/KEP./2022 per tanggal 24 September 2022.

Surat telegram itu ditandatangani oleh As SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada atas nama Kapolri. Sebelum menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombespol Ade Ary Syam Indradi menjabat Kabag Anev Biro Binops Bareskrim Polri pada 2022 ini.

Dikutip dari tarunanusantara.sch.id, Ade Ary Syam Indradi baru sebentar mengemban jabatan tersebut hingga akhirnya diamanahi sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Ade Ary Syam Indradi pernah menjabat sebagai Dirreskrimum Polda DIY. Saat menjabat sebagai Dirreskrimum Polda DIY, dirinya pernah menangani kasus kekerasan di Jambusari, Condongcatur, Depok, Kabupaten Sleman.

Kekerasan ini diduga menyebabkan terjadinya kerusuhan di Babarsari, Kabupaten Sleman, Senin (4/7/2022), lantaran kejadian tersebut viral di sosial media (medsos).

Ade Ary Syam Indradi, pria kelahiran 10 September 1976 ini juga pernah mengemban amanah sebagai Kapolresta Tangerang.

Dikutip dari tangerangkab.go.id,  saat Ade Ary Syam menjabat sebagai Kaporesta Tangerang, Kapolri dijabat Jenderal Polisi Idham Azis.

Ade Ary Syam Indradi merupakan lulusan Akpol 1998 yang berpengalaman dalam bidang reserse. Bahkan peringkat 2 lulusan terbaik Akpol ini kerap dipercaya menjadi sempat menjadi Staf Pribadi sejumlah Kapolri.

Bahkan, Ade Ary Syam Indradi sempat menjadi staf pribadi tiga Kapolri, yakni Jenderal Timur Pradopo, Jenderal Sutarman, dan Jenderal Badrodin Haiti.

Berikut riwayat jabatan Kombes Ade Ary Syam Indradi, diambil dari berbagai sumber: 

- Pamapta Polres Gresik (1999)
- Kapolsek Panceng, Gresik (1999)
- Kapolsek Bungah, Gresik (2000)
- Kapolsek Sedati, Sidoarjo (2002)
- Dik PTIK Angk-40 (2003)
- Panit Dit Narkoba Polda Metro Jaya (2005)
- Panit Resmob Sat Reskrim Restro Jakarta Utara PMJ (2005)
- Kapolsekta Jatiuwung Polres Metro Tangerang Kota Polda Metro Jaya (2005)
- Kasat Reskrim Polres Tangerang Kabupaten Polda Metro Jaya (2007)
- Panit Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya (2008)
- Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota Polda Metro Jaya (2010)
- Sespripim Kapolda Metro Jaya (2011)
- Dik Sespimmen Angk-52 (2012)
- Kanit Perbankan Dittipideksus Bareskrim Polri (2012)
- Kasubbag Bungkol Kapolri - Spripim Polri (2013)
- Kapolres Cimahi (2015)
- Kapolres Karawang (2017)
- Wadirreskrimum Polda Metro Jaya (2017)
- Kapolresta Pontianak (2019)
- Kapolresta Tangerang (2019)
- Analis Kebijakan Madya bidang Pidum Bareskrim Polri (2020)
- Dirreskrimum Polda DIY (2021)
- Kabag Anev Robinopsnal Bareskrim Polri (2022)
- Kapolres Metro Jakarta Selatan (2022). (tim redaksi)


#kdrt
#lestikejora
#rizkybillar
#polresmetrojakartaselatan
#kapolresjakartaselatan
#kombespoladearysyam
#restorativejustice
#hotmasitompul

Tidak ada komentar