Breaking News

Polisi Periksa Empat Orang Saksi Terkait Kebakaran JIC

Kebakaran Masjid Jakarta Islamic Center (instagram) 

WELFARE.id-Kepolisian telah memeriksa empat orang saksi terkait insiden kebakaran kubah Masjid Jakarta Islamic Center (JIC), Koja, Jakarta Utara. Para saksi yang diperiksa merupakan petugas renovasi masjid. 

Dari hasil pemeriksaan sementara, polisi menduga ada kelalaian petugas renovasi yang menyebabkan kebakaran hebat pada kubah Masjid Jakarta Islamic Center. "Ya ada kelalaian ini," kata Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Wibowo, dikutip Jumat (21/10/2022). 

Berdasarkan keterangan saksi, mereka mengakui ada percikan api yang keluar saat pengerjaan renovasi. "Para pekerja ini menerangkan memang pada saat sedang melakukan renovasi itu ada percikan api yang kemudian menyambar salah satu bahan yang mudah terbakar," tukasnya. 

Kendati demikian, hingga saat ini kepolisian belum bisa mengambil kesimpulan soal penyebab kebakaran tersebut. Polisi hingga kini masih terus mendalami keterangan para pekerja tersebut. "Ini kan masih kita dalami lagi ya kan dari para pekerja ini," katanya. 

Sementara itu, Pengurus Jakarta Islamic Center (JIC) memastikan kegiatan ibadah masih bisa dilaksanakan di JIC setelah Masjid JIC kebakaran. Namun, saat ini kegiatan ibadah salat jemaah itu dipindah ke Convention Hall JIC. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Sekretariat JIC, Zulkifli Said, Jumat (21/10/2022). Zulkifli awalnya mengatakan kegiatan keagamaan masih bisa dilaksanakan di JIC. "Kami dari Sekretariat Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta ingin menginformasikan kepada seluruh umat Islam bahwa kegiatan-kegiatan keagamaan yang selama ini dilaksanakan oleh masyarakat umum di JIC tetap dapat dilaksanakan sebagaimana biasanya, dan kami telah memfasilitasi semua kegiatan-kegiatan itu untuk dilaksanakan di tempat seperti biasa," katanya. 

Kemudian, Zulkifli mengatakan salat jemaah juga masih bisa dilaksanakan di JIC. Namun, tempatnya bukan di masjid melainkan di Convention Hall. "Hanya satu yang berbeda, biasanya tempat salat berjamaah yang sebelumnya kita lakukan di masjid kami pindahkan ke convention hall, sementara kegiatan-kegiatan umat lainnya, kegiatan sosial lainnya tetap dilaksanakan di tempat masing-masing," pungkasnya. (tim redaksi) 

#jic
#jickebakaran
#jakartaislamiccenter
#polresjakut
#penyelidikankebakarandijic

Tidak ada komentar