Breaking News

Pertama di Dunia, Shanghai Vaksinasi COVID-19 Warganya dengan Vaksin Hirup

Seorang relawan saat mencoba vaksin COVID-19 hirup. Foto: AFP

WELFARE.id-Otoritas kesehatan Shanghai, Tiongkok (China) mulai mengedarkan vaksin COVID-19 hirup atau inhalasi. Vaksin jenis baru dan diyakini merupakan yang pertama di dunia itu diproduksi perusahaan farmasi China CanSino Biologics.

Vaksin COVID-19 inhalasi itu dikemas dalam sebuah wadah yang berbentuk seperti cangkir kopi dengan corong pendek. Vaksin hirup adalah versi aerosol dari vaksin inaktivasi, yakni vaksin yang terdiri dari partikel virus yang telah ditumbuhkan dalam pembiakan, kemudian dimatikan sehingga ia tak lagi mempunyai kemampuan mereplikasi diri dalam tubuh.

”Garis pertahanan pertama tubuh kita adalah selaput lendir sistem pernapasan kita. Kami ingin itu dirangsang secara langsung untuk meningkatkan kekebalan. Menggunakan vaksin inhalasi bisa melakukannya,” kata kepala petugas medis  Shanghai United Family Hospital Pudong, Dr Zhao Hui, Senin (31/10/2022).

Rumah sakit milik pemerintah itu termasuk di antara fasilitas kesehatan yang mulai memberikan vaksin COVID-19 inhalasi kepada warga. 

Akun WeChat pemerintah daerah (pemda) Shanghai, dalam mengumumkan peluncuran vaksin inhalasi pekan ini, mengatakan sebanyak 23 dari 26 juta penduduk kota tersebut telah divaksinasi penuh atau menerima dua dosis vaksin. Sebanyak 12 juta di antaranya juga sudah memperoleh dosis booster.

Tiongkok telah menyetujui penggunaan vaksin inhalasi untuk booster pada September 2022 lalu. Terkait penggunaan vaksin COVID-19 inhalasi yang dikatakan sebagai pertama di dunia, kepala petugas medis di St Vincent's Health Australia, Erwin Loh, mengungkapkan, penemuan vaksin jenis tersebut penting. 

Menurutnya, selain mencegah infeksi, vaksin inhalasi juga dapat mengurangi keraguan vaksin.
"Ada sebagian besar orang yang resisten terhadap vaksin karena mereka memiliki fobia jarum. Mereka mungkin tidak mengartikulasikannya, tapi itulah yang ada di pikiran mereka," kata Loh.

Dia juga berharap hasil vaksinasi inhalasi Shanghai akan mendorong negara-negara lain mengikutinya. ”Saya kira vaksin inhalasi untuk penyakit pernapasan seperti COVID-19 akan menjadi (vaksin) masa depan,” paparnya juga. (tim redaksi)


#vaksincorona
#covid-19
#vaksinbaru
#vaksininhalasi
#shanghai
#tiongkok
#australia

Tidak ada komentar