Breaking News

Persiapan Pemilu 2024, Ketua KPU Gelar Pertemuan Terbatas dengan Wantimpres

Kotak pemungutan suara dalam Pemilu lalu. Foto: Ilustrasi/ Antara

WELFARE.id-Persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 terus dilakukan. Apalagi, Pemilu 2024 akan sangat kompleks karena digelar serempak.

Sehingga dibutuhkan persiapan ekstra, agar tahapan Pemilu 2024 bisa berjalan mulus. Hal tersebut dibahas dalam rapat terbatas antara Ketua KPU Hasyim Asyari dan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di kantor Wantimpres yang mengambil tema, "Persiapan dan Kesiapan Menghadapi Pemilu 2024". 

Dalam pertemuan itu, hadir Ketua Wantimpres Wiranto serta para anggota Wantimpres lainnya seperti Putri Kus Wisnu Wardani, Agung Laksono, Sidarto Danusubroto, Soekarwo, dan M. Mardiono. Wantimpres menilai, Pemilu 2024 bakal jadi pesta demokrasi yang paling kompleks, mengingat bakal digelar secara serentak. 

Mulai dari pemilihan legislatif, pemilihan kepala daerah, hingga pemilihan presiden. "Disadari bahwa penyelenggaraan Pemilu 2024 akan menjadi sebuah perhelatan demokrasi yang cukup rumit, menyita energi yang besar dan akan menjadi tahun politik yang besar-besaran di Indonesia," ujar Wiranto, melansir keterangan resmi, dikutip Kamis (20/10/2022).

Pasalnya, pesta demokrasi 2024 nanti akan memilih presiden, anggota DPR RI, anggota DPRD Provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD secara bersamaan pada 14 Februari 2024. Selanjutnya, pada 27 November 2024 akan dilaksanakan pilkada serentak untuk memilih gubernur, bupati dan wali kota secara bersamaan.

Wantimpres memastikan, pihaknya membahas berbagai langkah untuk mengantisipasi adanya kendala dalam pemilu mendatang. Mitigasi jadi solusi alternatif untuk mengatasi kendala dan hambatan yang dihadapi pada Pemilu 2024.

"Dalam kaitan itulah, pertemuan terbatas Wantimpres dengan Ketua KPU mendiskusikan langkah-langkah antisipasi yang telah disiapkan KPU. 

Mitigasi atas sejumlah persoalan termasuk tawaran alternatif solusi yang paling memungkinkan untuk mengatasi kendala dan hambatan yang dihadapi penyelenggara pemilu," papar keterangan resmi Wantimpres.

Lebih lanjut, Wantimpres optimistis KPU dapat menyelenggarakan seluruh tahapan, program, dan jadwal pemilu yang telah ditetapkan bersama dengan baik. 

Pihaknya berharap, KPU dapat belajar dari kekurangan penyelenggaraan pemilu sebelumnya, sehingga Pemilu 2024 dapat terselenggara secara jauh lebih baik dari pemilu sebelumnya. (tim redaksi)

#pemilu2024
#wantimpres
#ketuakpuhasyimasyari
#persiapanpemilu2024
#mitigasipemilu2024
#pemiluserentak

Tidak ada komentar