Breaking News

Perkuat Posisi Keuangan, HERO Jual Tanah dan Gedung Eks Giant di Tangsel Senilai Rp200 Miliar

Outlet Hero Supermarket. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-PT Hero Supermarket Tbk (HERO) menjual aset tanah dan bangunan eks Giant kepada PT Okabe Hardware Indonesia senilai Rp200 miliar. Adapun, aset tanah dan bangunan yang dijual berlokasi di Jalan Jalur Sutera, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten. 

Secara detail, aset yang dijual berupa luas tanah 11.240 meter persegi dan bangunan 2 lantai dengan total luas bangunan lantai 12.406 meter persegi. Dengan penjualan aset tersebut, HERO berharap, laba rugi sebelum pajak pada 2022 diperkirakan meningkat sebesar Rp123,2 miliar.

"Beban bunga pinjaman bank jangka pendek HERO diperkirakan akan menurun selama periode proyeksi. Hal ini karena HERO mampu melunasi pinjaman bank jangka pendek sebesar Rp120 miliar pada tahun 2022," mengutip laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (4/10/2022).

Manajemen HERO juga menambahkan, pertimbangan bisnis yang digunakan manajemen perseroan terkait dengan transaksi adalah penerimaan dana tunai dari pelepasan aset akan mengurangi leverage dan memperkuat posisi keuangan perseroan, pengurangan leverage juga akan mengurangi pembayaran bunga di masa depan, mendapatkan keuntungan dari penjualan properti yang akan mendukung profitabilitas perseroan pada tahun 2022, dan kemampuan untuk memonetisasi aset yang tidak likuid meskipun ada ketidakpastian pasar akibat COVID-19. 

Selain itu, adanya penerimaan kas bersih dari transaksi penjualan aset diharapkan menjadi Rp196,9 miliar setelah pembayaran pajak dan pengurangan beban bunga. 

Sebanyak Rp120 miliar dari penerimaan akan digunakan untuk membayar utang dan saldo kas akan meningkat sebesar Rp76,9 miliar. Transaksi itu pun diharapkan akan memberikan keyakinan tambahan kepada pemberi fasilitas pinjaman ditengah kondisi perdagangan pada tahun ini. Manajemen mengatakan, penilaian objek aset tersebut telah dilakukan pada 30 Juni 2022. (tim redaksi)

#herosupermarkettbk
#hero
#penjualanaset
#tanahdanbangunaneksgiant
#memperkecilutang
#penerimaankas
#penerimaandanatunai

Tidak ada komentar