Breaking News

Pentingnya Pemahaman Literasi Statistik bagi Pers, Sampaikan Fakta Lewat Data


Workshop Wartawan dalam rangka “Peningkatan Literasi Statistik Bagi Insan Pers dan Ekspose Data Sosial Ekonomi Sumatera Utara Tahun 2022” di Prime Plaza Hotel Kualanamu, Deliserdang, Senin (17/10/2022). Foto: Istimewa

WELFARE.id-Insan pers berperan penting dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat. Bagi Badan Pusat Statistik (BPS), ini menjadi penting berkolaborasi dengan pers untuk menyampaikan informasi statistik lewat media.

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara (BPS Sumut) Nurul Hasanudin mengatakan, melihat kemajuan sebuah bangsa, indikatornya adalah meningkatkan statistik masyarakat, juga meningkatkan statistik finansial. Menurutnya, ada 3 hal penting peranan wartawan dalam literasi statistik. 

Pertama, menyebarluaskan data ataupun indikator statistik yang ada, karena sudah mulai menjadi indikator kinerja. "Misalnya inflasi, lalu bagaimana pertumbuhan ekonomi, pertanian, dan lain sebagainya," sebut Nurul, dalam keterangan resmi usai melakukan workshop wartawan dalam rangka "Peningkatan Literasi Statistik bagi Insan Pers dan Ekspose Data Sosial Ekonomi Sumatera Utara Tahun 2022" di Prime Plaza Hotel Kualanamu, Deliserdang, dikutip Selasa (18/10/2022).

Kedua, mengolah informasi sesuai fakta. Baginya, poin kedua ini penting, karena harus menyampaikan pesan positif untuk meyakinkan investor datang ke suatu wilayah. 

Sebab, adanya informasi yang mendukung dari segi data. "Soal keberpihakan untuk kesejahteraan dalam pembangunan, tentunya lebih cepat lewat informasi yang baik," harapnya.

Ketiga, adalah edukasi publik. Diharapkan Nurul, lewat wartawan dan medianya, bagaimana memaknai data melalui berita informasi yang disebarluaskan. 

Jika salah memaknai data, dapat mengakibatkan kesalahan analisis. "Ini yang kita bangun, jangan sampai di kita saja, tapi ke anak-anak, generasi muda yang sedang belajar. Literasi statistik harus bertumbuh," yakinnya.

Ia menambahkan, informasi capaian-capaian kinerja ekonomi maupun indikator sosial yang ada di BPS hingga diketahui masyarakat, tidak terlepas dari peran pers. "Kita apresiasi peran pers yang selama ini konsisten melakukan tugas jurnalistik, terutama menginformasikan soal statistik," tuntasnya. (tim redaksi)

#statistik
#literasistatistik
#insanpers
#bpssumut
#datastatistik
#tugasjurnalistik

Tidak ada komentar