Breaking News

Pengelola Wisata Alam di Bogor Diwanti-wanti, Segera Mitigasi Daerah Rawan Bencana

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Kabupaten Bogor, Jawa Barat menjadi wilayah paling rawan bencana longsor di Indonesia. Pasalnya, kontur dan jenis tanah, membuat kawasan ini rawan terkena longsor.

Selain memberikan edukasi kepada warga agar siap menghadapi bencana hingga menyiapkan relokasi pemukiman ke tempat yang lebih aman, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan juga tengah meminta pengelola wisata alam untuk menginvetarisir atau mendata wilayahnya yang rawan bencana. Pengelola diminta jujur terkait daerah rawan bencana yang berpotensi menimbulkan korban dalam cuaca ekstrem.

"Disampaikan, bahwa pelaku wisata dan kemarin saya di Cisarua ada Danramil, Camat, Kapolsek itu, kita minta diiventarisir. Intinya dari yang rawan longsor dan banjir ya harus, pelaku pelaksana wisata atau pengelola wisata harus melaporkan jumlah yang berkegiatan di wilayah itu," ungkap Iwan, dikutip Jumat (21/10/2022).

Rencananya, pihaknya akan membuat edaran kepada pengelola wisata alam bagaimana cara menghadapi cuaca ekstrem. Sehingga menjadi dasar untuk Pemkab Bogor dan lainnya untuk melakukan pengawasan.

"Ini kan menjadi dasar kita membuat edaran cuaca ekstrem. Ya kita harus lebih pro aktif untuk masuk ya ke dalam manajerial pengelola wisata. Bukan apa-apa, kalau udah kejadian kita-kita juga yang harus menyelesaikan. Kadang pengelola wisata nggak keliatan tanggung jawabnya di mana," katanya.

Kendati begitu, tambah Iwan, pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat untuk sementara waktu menghindari kegiatan di alam terbuka. Terutama bagi wisatawan atau sekolah-sekolah.

"Bukan dilarang ya (kegiatan di luar), tapi melihat situasi tempat yang ekstrem yang mana, yang rawan, yang bahaya itu bisa dilihat. Tapi kalau kegiatan (indoor), kan ada tuh kegiatan-kegiatan di dalam ruangan, tempat aman si nggak masalah," sarannya.

"Yang di luar ruangan itu yang memang di tempat ekstrem ya, kadang-kadang kan beda orang kota dengan daerah setempat. Mereka sudah biasa dengan alam, sudah tahu. Tapi kan orang kota belum tentu, ada sungai kecil juga bisa kebawa," tuntasnya. (tim redaksi)

#daerahrawanbencana
#bogorjawabarat
#pengelolatempatwisata
#tempatwisataalam
#outdoor
#kegiatanindoor
#bogorrawanbencanalongsor
#mitigasibencana

Tidak ada komentar