Breaking News

Obat Sirup Termorex Ditarik dari Peredaran, BPOM: Hanya Batch Tertentu yang Tercemar Etilen Glikol

Obat sirup. Foto: Ilustrasi/ Shutterstock

WELFARE.id-Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut obat Termorex dari PT Konimex yang tercemar Etilen Glikol (EG) hanya ada pada periode produksi atau batch tertentu saja. Pernyataan ini dijelaskan setelah produk Termorex dikatakan tercemar EG pada penjelasan BPOM pada 20 Oktober lalu.

Cemaran EG, diduga sebagai penyebab utama wabah gagal ginjal akut pada anak yang merebak belakangan ini. Sehingga, BPOM tengah menyisir sejumlah produk obat sirup yang masih beredar di pasaran.

"Kita melihatnya selalu berdasarkan batch. Misalnya, untuk Termorex yang diproduksi PT Konimex perlu kita tambahkan bahwa ada yang kemudian dirilis aman. 

Termorex sirup obat demam sebelumnya dinyatakan tidak aman, tapi kemudiaan kita kembangkan lagi dengan melihat, men-sampel, dan menguji dari batch-batch yang lain dari lokasi peredaran atau dari lokasi tempat sampel yang berbeda dan waktu produksi yg berbeda ternyata aman,"jelas Kepala Badan POM Penny K Lukito kepada wartawan, dikutip Senin (24/10/2022).

Karena itu, menurutnya, penarikan produk Termorex di pasaran hanya untuk batch tertentu saja yang telah ditelusuri ternyata tidak aman. Sementara produk Termorex lainnya yang diproduksi pada batch yang dinyatakan aman, tetap berada di pasaran.

"Jadi kemudian tindak lanjut dari hasil ini adalah disesuaikan, jadi penarikan hanya untuk batch tertentu. Artinya yang lainnya aman hanya di batch itu saja karena di batch lainnya itu tidak melebihi ambang batas," terangnya lagi.

Sebelumnya, BPOM merilis hasil sampling dan pengujian terhadap 39 bets dari 26 sirup obat sampai dengan 19 Oktober 2022 yang menunjukkan adanya kandungan cemaran EG yang melebihi ambang batas aman. Menurut BPOM, ada 5 produk yang termasuk dalam kategori tersebut, yakni:

• Termorex Sirup (obat demam), produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

• Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), produksi PT Yarindo Farmatama dengan nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

• Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DTL7226303037A1, kemasan Dus, Botol Plastik @ 60 ml.

• Unibebi Demam Sirup (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL8726301237A1, kemasan Dus, Botol @ 60 ml.

• Unibebi Demam Drops (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, kemasan Dus, Botol @ 15 ml. (tim redaksi)

#termorex
#tercemaretilenglikol
#eg
#batchtertentuditarikdariperedaran
#daftarobatsiruptercemaretilenglikol
#didugapenyebabgagalginjalakutanak
#obatpenurunpanas
#bpom

 

Tidak ada komentar