Breaking News

Musim Hujan, Ini Tips agar Terhindar dari Sambaran Petir

Sambaran petir. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Cuaca hujan dan petir masih terus terjadi di wilayah Jabodetabek hampir setiap sore. Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) juga merilis, sebagian besar wilayah DKI Jakarta akan menyambut musim hujan mulai Oktober.

Musim hujan ini diprediksi akan terjadi dalam jangka waktu yang cukup singkat, yakni sejak Oktober hingga November. Prediksi tersebut juga meliputi sejumlah fenomena alam yang terjadi saat hujan dengan curah tinggi melanda, salah satunya petir.

Banyak orang menghindari petir karena takut terkena sambarannya. Namun, sejumlah kasus orang tersambar petir belakangan mulai muncul.

Lantas, apakah jika ada petir kita cukup aman jika sedang di dalam rumah atau ruangan. Melansir dari Centers for Disease Control (CDC) Prevention Amerika Serikat, Kamis (6/10/2022), tidak melakukan aktivitas cuci piring saat hujan deras adalah salah satu cara menghindari sambaran petir. 

Menurut John Homenuk, seorang ahli meteorologi dan pendiri New York Metro Weather mengatakan, walaupun sedang ada di dalam rumah, petir masih bisa menyambar. Alasan kenapa cuci piring bisa undang sambaran petir, lanjutnya, karena air merupakan salah satu media yang dapat menghantarkan aliran listrik dengan baik. 

Bukan hanya tidak mencuci piring saat sedang hujan deras, ada juga beberapa hal yang harus dihindari. Beberapa di antaranya, adalah dengan tidak mandi, berendam, atau aktivitas lain yang melakukan kontak langsung dengan air. 

Meskipun berlindung di ruangan tertutup seperti di dalam gedung, rumah, sekolah atau area tertutup lainnya tidak menjamin terhindar 100% dari sambaran petir. Untuk itu, cobalah sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan air. 

BMKG Amerika Serikat juga menyarankan, tidak menggunakan ponsel dan berteduh di bawah pohon saat hujan deras dan petir. Aliran listrik dari petir akan mengikuti jalur yang paling tidak tahan terhadap tanah.

Kabel logam atau air di pipa dapat menyediakan jalur konduktif yang nyaman bagi listrik untuk mengikuti ke tanah. CDC juga menyatakan, bahwa risiko sambaran petir melalui pipa ledeng lebih rendah bagi mereka yang menggunakan pipa plastik dibandingkan dengan pipa logam. 

Ada baiknya juga menggunakan penangkal petir di rumah. Penangkal petir akan menghantarkan sambaran petir ke tanah untuk menetralisir sengatan listrik tersebut. (tim redaksi)

#cuacahujan
#bmkg
#penangkalpetir
#sambaranpetir
#sengatanlistrik
#tipsmenghindaripetir

Tidak ada komentar