Breaking News

Meninggal di Usia 72, Daniel Radcliffe Kenang Robbie Coltrane

Robbie Coltrane (net) 

WELFARE.id-Aktor veteran asal Skotlandia Robbie Coltrane yang dikenal publik melalui perannya dalam serial kriminal Cracker dan serial Harry Potter meninggal pada Jumat (14/10/2022) dalam usia 72 tahun. 

Seperti disiarkan The Hollywood Reporter, sang aktor menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit Skotlandia. Coltrane meninggalkan seorang saudara perempuan, Annie Rae, anak-anaknya, Spencer dan Alice, serta seorang ibu, Rhona Gemmell. 

Coltrane memulai karirnya di dunia komedi dan teater, itu pernah berpartisipasi dalam dua film James Bond. Dia lahir dengan nama Anthony Robert McMillan pada 30 Maret 1950, di Glasgow, Skotlandia, sebagai putra seorang dokter dan guru. 

Setelah lulus dari Glasgow Art School, dia melanjutkan studinya di bidang seni di Moray House College of Education di Edinburgh. Tetapi karena usahanya untuk menjadi seorang seniman gagal, Coltrane berpartisipasi dalam stand-up comedy di klub-klub Edinburgh. Dia mengubah nama belakangnya untuk menghormati legenda jazz John Coltrane. 

Publik mengenal Robbie Coltrane saat dia memainkan Dr. Edward "Fitz" Fitzgerald, seorang psikolog kriminal anti-sosial dalam seri "Cracker Jimmy McGovern" yang tayang lebih dari 25 episode antara 1993 dan 2006. 

Coltrane memenangkan tiga penghargaan aktor televisi terbaik BAFTA berturut-turut untuk peran itu. Penampilan itu membuat Coltrane berperan dalam dua film James Bond, memerankan tokoh Valentin Zukovsky di "GoldenEye" dan "The World Is Not Enough". 

Tapi kebanyakan orang tahu Robbie Coltrane dari peran pendukung besar lainnya yakni sebagai Rubeus Hagrid, penjaga raksasa dalam film Harry Potter, dimulai pada tahun 2001. 

Aktor Daniel Radcliffe memberikan pesan dan kesan menyentuh kepada Robbie Coltrane. "Robbie adalah salah satu orang terlucu yang pernah saya temui. Ia biasa membuat kami tertawa terus-menerus sebagai anak-anak di lokasi syuting," kata Daniel Radcliffe dalam akun Instagramnya.  

Daniel menambahkan, Robbie memberikan kenangan spesial pada saat proses pembuatan film Harry Potter edisi Tahanan Azkaban. "Saya sangat menyukai kenangan tentang dia yang menjaga semangat kami di 'Tahanan Azkaban,' ketika kami semua bersembunyi darinya. hujan deras selama berjam-jam di gubuk Hagrid dan dia bercerita dan bercanda untuk menjaga semangat," katanya.  

Daniel Radcliffe merasa beruntung bisa bertemu dan bekerja sama dengan Robbie. Pemeran Harry Potter ini pun merasa sangat sedih atas kehilangan rekan kerjanya itu. "Dia adalah aktor yang luar biasa dan pria yang menyenangkan,” kata Daniel. (tim redaksi

#RobbieColtrane
#RobbieColtranemeninggal
#RubeusHagrid
#hagrid
#harrypotter
#danielradcliffe

Tidak ada komentar