Breaking News

Longsor Berhasil Dibersihkan, Jalur Kereta Api Blitar-Malang Sudah Bisa Dilalui

Petugas membersihkan longsor di jalur kereta api Blitar-Malang, Selasa (18/10/2022). Foto: tangkapan layar. 

WELFARE.id-Usai dibersihkan dari material longsor, akhirnya jalur kereta api Blitar-Malang kembali bisa dilalui. Sebelumnya, jalur kereta api Malang-Blitar tertutup material longsor tebing.

Longsor itu terjadi di area perbukitan di perbatasan Blitar dan Malang pada Selasa (18/10/20222) pagi. 
Material longsor selesai dibersihkan sekitar pukul 16.40 WIB dan jalur dipastikan dapat dilalui kembali. 

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun Supriyanto mengatakan, kereta pertama yang melintasi jalur tersebut setelah dibersihkan adalah rangkaian kereta barang. 

"Pukul 16.40 WIB tadi sudah berhasil dibersihkan dan segera kereta dilalui pertama kali oleh rangkaian kereta barang yang memang sudah beberapa saat menunggu," ujar Supriyanto, Rabu (19/10/2022).

Menurutnya juga, beberapa titik di area perbukitan yang ada di wilayah perbatasan Blitar dan Malang memang rawan longsor. Longsor kali ini tejadi pada Selasa pagi sekitar pukul 9.00 WIB. 

Ia juga mengatakan, longsor terjadi akibat kawasan tersebut diguyur hujan deras selama beberapa jam sebelumnya. 

Akibat kejadian itu, kata Supriyanto, sejumlah rangkaian perjalanan kereta api harus direkayasa, yaitu dengan menempuh perjalanan memutar melalui jalur tengah melewati Mojokerto. 

Di antara rangkaian kereta api yang harus menempuh jalur memutar adalah KA Matarmaja dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Malang pukul 9.25 WIB dengan tujuan Stasiun Pasar Senen. Selain itu, KA Gajayana relasi Malang-Gambir dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Malang pukul 14.25 WIB.

Karena rekayasa tersebut, rangkaian perjalanan sejumlah kereta api tidak dapat melewati beberapa stasiun yang ada di wilayah Daop 7 Madiun, yaitu Stasiun Blitar, Stasiun Tulungagung, Stasiun Kediri dan Stasiun Kertosono. 

"Maka untuk penumpang KA Matarmaja di empat stasiun tersebut kami arahkan untuk menumpang KA Brantas relasi Blitar-Pasar Senen," jelasnya.

Sedangkan penumpang KA Gajayana di empat stasiun tersebut, lanjut Supriyanto, diarahkan menumpang KA Singasari relasi Blitar-Pasar Senen. 

"Karena longsor, kami memohon maaf atas ketidaknyamanan ini, termasuk adanya konsekuensi keterlambatan kedatangan sejumlah kereta api," tandas Supriyanto juga. (tim redaksi)


#keretaapi
#longsor
#malang-blitar
#perjalanankeretaterganggu
#daop7madiun
#rekayasaperjalanankereta

Tidak ada komentar