Breaking News

Lirik Potensi Pasar IKN, Waskita Beton Bangun Pabrik di Penajam

Pabrik Waskita Beton Precast. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Tak mau ketinggalan tangkap peluang di proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) membangun pabrik di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pasalnya, mereka melihat potensi pasar di proyek IKN cukup besar terutama untuk infrastruktur dasar. 

Presiden Direktur WSBP FX Poerbayu Ratsunu mengatakan,  berdasarkan peta pengembangan IKN, pabrik berada tidak jauh dari pelabuhan udara VIP. Sebatas informasi, sejak 2019 pembangunan pabrik di kawasan Buluminung telah berjalan. 

Nantinya ditargetkan memiliki kapasitas produksi 250 ribu ton per tahun. Dengan investasi sebesar Rp300 miliar.

Pabrik di Buluminung akan memproduksi produk precast berupa Box Girder, PCT Girder, Square Pile, dan CCSP. Dengan fasilitas penunjang di antaranya area workshop, dan pengolah limbah.

Poerbayu menjelaskan, progres pabrik tersebut saat ini sudah mencapai 70-80 persen. "Kami sedang mengembangkan fasilitas pabrik disana di atas lahan seluas 18 hektar," kata Poerbayu di Jakarta, dikutip Jumat (7/10/2022). 

Direktur Pemasaran PT Waskita Beton Precast Tbk Agus Wantoro menambahkan, pabrik di Buluminung akan memenuhi kebutuhan komponen beton precast untuk pembangunan jembatan dan infrastruktur lainnya. "Kita harapkan kalau sudah waktunya masa konstruksi, yang pertama untuk jembatan Balikpapan – Penajam bisa support,” ucapnya.

Selain itu, dalam mendukung pekerjaan-pekerjaan holding, WSBP juga sedang mempersiapkan pendirian batching plant. Dengan adanya batching plant, WSBP akan lebih mudah menjangkau pasar sekaligus dapat menyediakan kebutuhan beton readymix bagi holding. 

Dari batching plant ini, WSBP juga akan memasok beton readymix ke beberapa BUMN lainnya yang tergabung dalam pembangunan jalan tol untuk IKN. WSBP akan mempersiapkan fasilitas lainnya sejalan dengan progres pengembangan IKN. 

Direktur Keuangan WSBP Asep Mudzakir mengapresiasi market sounding atau penjajakan pasar yang dilakukan pemerintah untuk proyek IKN. Asep melihat, market sounding merupakan komitmen pemerintah dalam rangka pembangunan dan penyelesaian IKN. 

Market sounding nantinya, akan dihadiri para investor yang akan berinvestasi di pembangunan IKN. "Ekspektasi kami menjadi lebih tinggi karena ada upaya pemerintah untuk bagaimana mendapatkan kepastian investor yang mendanai IKN di luar porsi APBN," imbuhnya. (tim redaksi)

#wsbp
#waskitabetonprecast
#bumn
#iknnusantara
#penajampaserutara
#kalimantantimur
#proyekinfrastruktur
#investor
#investasi


 

Tidak ada komentar