Breaking News

Ledakan di Pom Bensin, 10 Orang Tewas di Irlandia

Lokasi ledakan pom bensin (twitter) 

WELFARE.id-Sepuluh orang termasuk dua remaja dan seorang gadis muda tewas dalam ledakan di sebuah pom bensin di Kabupaten Donegal, Irlandia. Polisi menggambarkan peristiwa tersebut sebagai "insiden tragis." 

Polisi mengatakan, jumlah korban tidak akan bertambah dalam ledakan yang terjadi pada Jumat (7/10/2022) pukul 15.00 di pom bensin Applegreen, luar desa Creeslough. Para korban yang semuanya warga setempat terdiri dari empat pria dan tiga wanita. 

Sementara itu, delapan orang sedang dirawat di rumah sakit termasuk satu orang kritis yang dibawa ke Dublin dengan pesawat. "Sebagai polisi kami harus berpikiran terbuka dalam bagaimana kami menyelidiki ini tapi informasi kami sampai saat ini mengarah pada insiden tragis," kata Inspektur David Kelly dalam konferensi pers, dikutip Minggu (9/10/2022). 

Foto-foto dari lokasi kejadian menunjukkan apartemen dua lantai di atas pom bensin terbakar dan sebagian atapnya ambruk. Puing-puing berserakan di halaman depan tempat sejumlah mobil diparkir. 

Perdana Menteri Irlandia Michael Martin mengatakan insiden ini merupakan tragedi yang sangat mengerikan bagi komunitas kecil yang dihuni beberapa ratus orang. 

"Masyarakat di seluruh pulau akan mati rasa oleh rasa terkejut dan sangat sedih seperti masyarakat Creeslough atas hilangnya nyawa yang tragis ini," kata Martin dalam pernyataannya.   

"Saya menyampaikan belasungkawa terdalam pada keluarga dan teman-teman mereka dan seluruh komunitas Creeslough, di hari-hari yang paling gelap bagi Donegal dan seluruh negeri," tambahnya. 

Menteri Luar Negeri Inggris James Clevery juga menyampaikan belasungkawa pada keluarga korban. Di tempat kejadian, anggota parlemen setempat Pearse Doherty mengatakan "ledakan besar" terdengar beberapa mil jauhnya. 

Sebagai satu-satunya pasar swalayan di desa dan di mana kantor pos dan salon berada, katanya, pom bensin itu sangat sibuk di jam pulang sekolah. 

Kepada stasiun televisi RTE Bernard Doherty yang tinggal di dekat lokasi kejadian mengatakan ia mengenal semua korban. Ia dan beberapa warga mulai membersihkan puing-puing dengan traktor dan trailer sebelum Irish Coast Guard dan tim penyelamat khusus tiba di lokasi kejadian. 

"Puing-puing terlempar ke jalanan seberang halaman depan, semuanya ada di sana mulai dari tim sampai bata, pelat lantai, isi toko semua berhamburan di mana-mana," katanya. 

Ia menambahkan satu orang berhasil ditarik keluar dengan selamat. "Sekitar 20 detik setelah tiba di lokasi kejadian, kami tahu apa yang ada di depan," pungkasnya. (tim redaksi

#ledakan
#ledakanpombensin
#pombensindiirlandiameledak
#donegal
#irlandia
#applegreen

Tidak ada komentar