Breaking News

Lacak Kasus Narkoba Irjen Teddy Minahasa, PPATK: Aliran Uang Besar ke Penegak Hukum

Irjen Teddy Minahasa Putra. Foto: net

WELFARE.id-Dugaan penjualan barang bukti narkoba seberat 5 kilogram (kg) yang melibatkan mantan Kapolda Sumatera Barat dalam proses mutasi jadi Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Teddy Minahasa Putra terus diselidiki. 

Bahkan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tengah berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait aliran dana kasus 
peredaran narkoba yang menjerat jenderal bintang dua itu sebagai tersangka.

Ketua PPATK Ivan Yustiavandana mengatakan sejauh ini koordinasi yang terjalin bersama Polri telah berlangsung secara intensif. ”Kami terus
koordinasi dengan intensif," terang Ivan, Minggu (16/10/2022).

Namun, Ivan enggan membeberkan ketika ditanya soal temuan apa saja yang telah dikantongi PPATK terkait kasus narkoba yang melibatkan sejumlah oknum polisi yang berpangkat mulai bintara, perwira pertama, perwira menengah, dan perwira tinggi tersebut.

”Saya tidak bisa saya konfirmasikan ya," ucap Ivan juga. Tapi, Irvan memang memang membenarkan ada oknum penegak hukum yang terdeteksi transaksinya terkait narkoba. 

”Hasil analisis dan pemeriksaan sudah kami sampaikan ke penegak hukum dan sudah banyak yang ditangani,” paparnya juga. 

Untuk diketahui, sebelumnya diberitakan Irjen Teddy Minahasa terancam hukuman pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH), jika terbukti melakukan pelanggaran terkait dengan kasus narkoba yang ditanganinya. 

"Tentunya terkait dengan hal tersebut, saya minta agar Kadiv Propam melaksanakan pemeriksaan etik, untuk kemudian bisa diproses dengan ancaman hukuman PTDH," ujar Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo saat konferensi pers di Mabes Polri, Jumat (14/10/2022).

Sigit juga mengatakan hasil penyidikan dan gelar perkara terkait dugaan keterlibatan peredaran
narkoba oleh Irjen Teddy Minahasa, menyatakan Kapolda Sumatera Barat itu melanggar dan sudah ditahan dan di penempatan khusus (patsus).

"Untuk patsus (penempatan khusus) tentunya ada ruangan khusus disiapkan sambil menunggu proses pidananya. Bersangkutan akan dipindahkan jadi tahanan Polda Metro Jaya, itu teknis," cetus Sigit juga. (tim redaksi)


#narkoba
#irjenteddyminahasaputra
#kapoldasumbar
#kapoldajawatimur
#ppatk
#alirandananarkoba

Tidak ada komentar