Breaking News

Korsel Minat Investasi Properti dan Transportasi di IKN Nusantara, Siapkan Taksi Udara Tanpa Awak

Proyek pembangunan jalan di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Foto: Ilustrasi/ Antara

WELFARE.id-Wakil Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Dhony Rahajoe mengatakan, Korea Selatan (Korsel) akan berinvestasi taksi udara tanpa awak di ibu kota baru. Investasi advance urban air mobility itu akan menggunakan bahan bakar energi terbarukan. 

Nantinya, sambung Dhony, Korsel akan mengembangkan pusat inovasi dan penelitian advance urban air mobility Asia Tenggara di IKN. "Ini nanti bisa jadi wahana yang tidak merusak lingkungan karena tidak membuat infrastruktur di darat untuk menghubungkan kota-kota mitra dan penyangga dari IKN,” ujar Dhony kepada wartawan di Jakarta, dikutip Jumat (21/10/2022).

Rencananya, Indonesia akan menandatangani nota kesepakatan atau MoU dengan Korsel terkait investasi tersebut.  Saat ini, badan otorita disebut sedang menyusun rancangan MoU tersebut.

Selain itu, Korsel juga berencana berinvestasi dalam sektor perumahan di IKN. Namun, Dhony tidak menyebutkan total nilai investasi Korea di IKN.

"Korean Land and Housing sudah menyatakan akan berpartisipasi membangun apartemen dan area komersial. Kemudian ada beberapa lagi yang sedang dalam pembicaraan,” akunya.

Ia juga menyebut, saat ini pihaknya tengah menyiapkan rancangan peraturan pemerintah (RPP) yang mengatur segala bentuk investasi di IKN. Sebelumnya, Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono mengatakan, aturan tersebut akan mengatur pemberian insentif bagi pelaku usaha di IKN Nusantara, berupa fiskal dan non fiskal.

Selain itu, beleid yang sedang dibahas oleh Kemenkeu dan Bappenas itu juga akan mengatur agar investor bisa menanamkan modal dan usaha serta melakukan usaha di IKN dengan sebaik mungkin. "Itu bakal bermanfaat untuk semua pihak, baik mereka yang bermukim di sana hingga pelaku usaha itu sendiri,” tutupnya. (tim redaksi)

#iknnusantara
#investasikorsel
#koreaselatan
#taksiudaratanpaawak
#investasiinfrastruktur
#sektorperumahan

Tidak ada komentar