Breaking News

Kembali Digelar, Art Moments Jakarta Bagi-Bagi NFT Gratis

Press Conference Art Moment Jakarta (welfare id/ Dewi Maryani) 

WELFARE id-Art Moments Jakarta (AMJ) kembali hadir secara offline. Gelaran akbar bagi pecinta seni ini merupakan edisi kelima setelah dua tahun terpaksa diselenggarakan secara online akibat Pandemi. 

Digelar pertama kalinya pada 2019, AMJ menjadi salah satu bursa seni terbesar di Indonesia. bakal berlangsung pada 4-6 November 2022 di Grand Ballroom, Sheraton Grand Jakarta Gandaria City dan Gandaria City Hall. Kembalinya AMJ secara offline menjadi ruang pertemuan bagi pencinta seni, galeri, seniman, dan kolektor. 

Co-Founder dan Fair Director Art Moments Jakarta, Sendy Widjaja mengatakan, di penghujung tahun edisi kelima ini bakal menampilkan 40 galeri seni baik lokal maupun mancanegara. 

"Sejak dilaksanakan pada 2019 untuk pertama kalinya, art fair kami terpaksa digelar secara hibrida. Pameran seni hibrida telah berhasil menampilkan karya seni dalam teknologi internet ketika mobilitas fisik dikekang. Tapi kami menyadari pengalaman ini tidak akan sama dengan melihat karya seni secara langsung,"ujarnya saat jumpa pers di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, Rabu (12/10/2022). 

Ia menjelaskan, galeri seni yang ikut sebelumnya telah lolos tim kurator. "Kita ada tim kuratorial 5 orang, sebelum galeri seni mendaftar kami mengecek terlebih dahulu latar belakang dan komitmennya. Serta melihat seniman-seniman yang dibawa siapa saja," ungkapnya. 

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga berkonsultasi dengan artistic director dan membangun pengalaman bagi konsumen yang akan menikmati karya-karya seni yang ditampilkan. 

Mengusung tema Continuance Wave yang berarti 'dalam keadaan apapun harus maju seperti ombak dan bisa mengikuti permukaan', sejumlah seniman dipastikan bakal hadir dalam perhelatan kali ini. Seniman asal Jepang Miwa Komatsu aka  menampilkan karyanya untuk pertama kali di Indonesia. Ada juga Andrey Ostashov, Made Wianta, Handrio, sampai Nyoman Nuarta. 

Merayakan tren NFT yang menjamur di tengah pandemi, AMJ juga bakal memberikan panggung kepada pembuat seni digital. Mereka adalah Arya Mularama, Diela Maharanie, Tommy Chandra, Sarisa Kojima asal Thailand, Marion Olmillo dari Filipina, dan Hamlatul Arsy asal Brunei Darussalam. 

Salah satu hal menarik yang nantinya bisa dijumpai di AMJ adalah mendapatkan karya seni NFT gratis secara cuma-cuma. Ada sebanyak 18 ribu karya NFT gratis yang berikan. "Secara spesial kita ada section khusus karya seni NFT dari seniman-seniman terbaik. Kami akan memberikan NFT gratis buat para pengunjung Art Moments Jakarta secara gratis, siapa cepat siapa dapat. Buat wallet Texos dulu, akan ditransfer ke situ," janjinya. 

Ia mengatakan, sejak penyelenggaraan tahun lalu ketika Art Moments Jakarta membuat kompetisi NFT Art Prized, bursa seni ini telah dilirik oleh Texos dan kolektor dunia. "Ini salah satu kelebihan Art Moments Jakarta, kami tetap akan membuat kompetisi edisi kedua yang pemenangnya diumumkan pada 27 Oktober 2022, karena benar banget di edisi pertama seniman-seniman muda masuk ke kancah internasional," terangnya. 

Saat itu, sebanyak 10 finalis di NFT Art Prized di AMJ 2021 berhasil masuk menjadi sampul di marketplace NFT internasional. "Sepertinya kompetisi ini akan kami jadikan tahunan untuk mendukung seniman muda yang berkarya di NFT. Banyak yang jadi tahu karya mereka dan kita senang menyalurkan dan meningkatkan karier mereka di kancah internasional," tukasnya. 

Tiket harian Art Moments Jakarta bakal dibanderol seharga Rp150 ribu dan Rp300 ribu untuk VIP pass (tiga hari) dengan kuota terbatas. (tim redaksi) 

#artmomentsjakarta
#arts
#exhibision
#amj2022
#sheratongrandjakarta
#gandariacity
#pameranseni

Tidak ada komentar