Breaking News

Kasus Gagal Ginjal Akut Anak Ditemukan di Jabar, Dinkes: Ada di 10 Kabupaten dan Kota

Dokter memeriksa seorang anak yang diduga menderita gagal ginjal akut. Foto: net

WELFARE.id-Temuan kasus dugaan gagal ginjal akut misterius yang dialami anak-anak terus ditemukan. Terbaru, sejumlah kasus itu ditemukan di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jabar mengungkapkan telah menemukan kasus diduga gagal ginjal akut misterius pada anak di 10 kabupaten dan kota di wilayah tersebut.

Terkait temuan itu, Dinkes Jawa Barat berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) untuk mendata jumlah anak yang diduga terkena penyakit tersebut.

"Di Jawa Barat sebenarnya ada sepuluh itu semua terlaporkan, Jawa Barat sendiri belum mempunyai data tapi kami bekerja sama dengan IDAI dan IDAI terus berusaha," ujar Kepala Dinkes Jabar Nina Susana Dewi, Senin (17/10/2022).

Ia juga menuturkan sepuluh kasus tersebut terdapat di 10 kabupaten kota di Jawa Barat. Pihaknya masih memastikan jumlah data terkait anak yang diduga terkena gagal ginjal akut. 

”Semua (diduga) gagal ginjal akut, sampai saat ini masih diteliti mengapa dan penyebabnya," katanya juga. Pihaknya juga menuturkan terus berkoordinasi dengan dokter anak. 

Ia juga mengimbau masyarakat yang memiliki anak mengalami gejala gagal ginjal untuk segera ke dokter anak. "Biasanya ada keluhan kencing, kalau bengkak dan sebagainya masih di dalami bekerja sama dengan IDAI," katanya juga.

Nina juga mengatakan obat-obatan diduga menjadi salah satu penyebab anak-anak diduga mengalami gagal ginjal akut misterius seperti yang terjadi kepada anak-anak di Gambia, Afrika Barat. Namun pihaknya masih dalam tahap penyelidikan.

Ia juga menambahkan, peredaran obat saat ini di Jawa Barat diawasi dengan ketat oleh Dinkes dan BPOM. Namun, yang harus diperhatikan, yaitu pemakaian yang tidak berlebihan.

"Sebetulnya sudah ketat (obat), untuk izin harus dengan Dinkes, ada kontrol dari BPOM kalau obat aman, cuma pemakaiannya," cetusnya juga. (tim redaksi)

#kesehatan
#gagalginjalakut
#seranganakanak
#dinkesjawabarat
#idai
#penyebabmisterius

Tidak ada komentar