Breaking News

Jumlah Korban Terus Bertambah, Longsor di Venezuela Renggut 50 Orang

Petugas melakukan pencarian di bawah kehancuran akibat tanah longsor yang melanda Kota Las Tejerias, Venezuela. Foto: AFP

WELFARE.id-Korban tewas dampak tanah longsor dahsyat yang terjadi di Venezuela terus bertambah. Saat ini korban dikabar terus bertambah menjadi 50 orang akibat tanah longsor yang melanda sebuah kota dekat ibu kota Caracas pada Kamis (13/10/2022) tersebut. 
 
"Sejauh ini kami secara resmi memiliki 50 orang yang sayangnya kehilangan nyawa dan (jenazah mereka) telah diserahkan kepada kerabat mereka," kata Menteri Dalam Negeri Venezuela Remigio Ceballos kepada saluran televisi lokal, memperbarui jumlah korban sebelumnya sebanyak 43 orang.
 
Hujan deras yang tidak biasa pada hari Sabtu pekan lalu telah menyebabkan sungai besar dan beberapa aliran air meluap di Las Tejerias, sebuah kota berpenduduk sekitar 50.000 orang yang terletak di pegunungan dekat Caracas.

Hujan menyebabkan semburan lumpur yang menghanyutkan mobil, bagian dari rumah, bisnis dan kabel telepon, dan menebang pohon besar.
 
”Sekitar 3.200 orang telah dikerahkan untuk membantu upaya penyelamatan dan pembersihan di kota dari lumpur akibat longsor,” kata Ceballos, seperti dikutip AFP, Jumat (14/10/2022).
 
Sedangkan Presiden Nicolas Maduro mengatakan awal pekan ini bahwa jumlah korban dari bencana alam terburuk Venezuela dalam beberapa dekade kemungkinan akan mencapai 100 orang lebih.
 
Para ahli mengatakan, badai itu diperparah oleh fenomena cuaca musiman La Nina yang mencengkeram wilayah tersebut. Ditambah lagi dengan efek dari Badai Julia, yang merenggut sedikitnya 26 nyawa di Amerika Tengah dan menyebabkan kerusakan parah.
 
Venezuela yang kerap dilanda badai musiman, tetapi ini adalah yang terburuk sepanjang tahun ini setelah tingkat hujan bersejarah yang menyebabkan lusinan kematian lainnya dalam beberapa bulan terakhir.
 
Presiden Venezuela Nicolas Maduro juga telah bersumpah untuk membangun kembali setiap rumah dan bisnis yang hancur akibat bencana tanah longsor tersebut.
 
"Las Tejerias akan bangkit seperti burung phoenix, Las Tejerias akan terlahir kembali," pungkas Maduro. (tim redaksi)


#venezuela
#bencanaalam
#longsor
#kotalastejerias
#presidenvenezuela
#nicolasmaduro

Tidak ada komentar