Breaking News

Jika Ukraina Resmi Gabung NATO, Rusia: Bisa Picu Perang Dunia Ketiga

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (tengah) menandatangani dokumen aplikasi percepatan keanggotaan NATO, Jumat (30/9/2022). Foto: VOA/AP 

WELFARE.id-Ancaman serius dilontarkan Rusia terhadap negara tetangganya, Ukraina yang kini tengah berperang. Rusia menegaskan Perang Dunia 3 akan terjadi jika Ukraina benar-benar bergabung menjadi anggota Aliansi Pertahanan Negara Atlantik Utara (NATO).

Wakil Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia, Alexander Venediktov menegaskan para pejabat Ukraina tahu betul rencana negara itu masuk NATO bisa meningkatkan eskalasi perang antara kedua negara tersebut.

”Kyiv sangat menyadari bahwa langkah seperti itu (masuk NATO) berarti menjamin eskalasi menuju Perang Dunia Ketiga," kata Venediktov kepada kantor berita Rusia, TASS dikutif Jumat (14/10/2022).

"Rupanya, itulah yang mereka (Ukraina) andalkan untuk menciptakan kebisingan informasi dan menarik perhatian pada diri mereka sendiri sekali lagi," ucap  Venediktov menambahkan seperti dikutip Reuters.

Venediktov juga menegaskan kembali posisi Rusia bahwa Amerika Serikat Cs adalah pihak langsung yang berkaitan dengan konflik  dengan Rusia karena selama ini membantu Ukraina.

Sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumumkan negaranya resmi mendaftar jadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dengan prosedur yang dipercepat.

Presiden Zelensky menandatangani proposal Ukraina bersama dengan Ketua Parlemen Ruslan Stefanchuk dan Perdana Menteri (PM) Denys Shmyhal. Seluruh prosesi itu ia lakukan pada Jumat (30/9/2022) waktu setempat.

Zelensky kemudian mengatakan secara de facto Ukraina telah mendaftar ke NATO. Dengan demikian langkah yang ditempuh Ukraina saat ini menurutnya sebagai bentuk permohonan secara de jure.

Pengumuman itu dilakukan Zelensky tak lama berselang usai Presiden Rusia Vladimir Putin mendeklarasikan aneksasi (pencaplokan) empat wilayah Ukraina jadi Negara Federasi Rusia di Lapangan Merah, Moskow.

Banyak pihak mengkhawatirkan langkah dramatis Ukraina ini dapat menyebabkan peperangan dengan Rusia kian meluas dan akan terus berlanjut.

Bahkan Tiongkok (China, Red) sampai mewanti-wanti AS dan sekutunya  atas konsekuensi mengerikan jika Ukraina tetap ingin bergabung dengan NATO dan disetujui jadi anggota. (tim redaksi)


#perang
#rusia
#ukraina
#nato
#perangduniatiga
#presidenukraina
#volodymyrzelensky

Tidak ada komentar