Breaking News

Jelang Pemilu 2024, Enam Purnawirawan Jenderal TNI/Polri Gabung ke PDI Perjuangan

Letnan Jenderal TNI (Purn) Ganip Warsito saat masih menjabat Kasum TNI. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Menjelang Pemilu 2024 sejumlah purnawirawan TNI dan Polri bergabung ke sejumlah partai. Salah satu partai yang menjadi tempat bernaung para mantan pejabat TNI dan Polri itu adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Partai berlambang moncong putih itu menerima sejumlah purnawirawan TNI dan Polri yang bergabung menjadi kader baru. Para kader baru tersebut adalah lima perwira tinggi TNI dan satu jenderal Polri. Selain itu, ada pula satu mantan atlet yang menjadi kader baru PDIP.

Mereka akan diberikan pembekalan sebagai anggota baru Minggu (30/10/2022) ini di Markas DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Berikut daftar nama perwira tinggi TNI-Polri yang baru gabung PDIP:

1. Letnan Jenderal TNI (Purn) Ganip Warsito
Ganip Warsito pernah menjabat sebagai Staf Khusus Menteri ATR/BPN. Sebelumnya, Garnip merupakan mantan Kepala BNPB yang bertugas sejak 25 Mei hingga 17 November 2021.

Sebelumnya, Garnip tercatat pernah menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III.

2. Laksamana Madya TNI (Purn) Agus Setiadji
Agus Setiadji pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan staf khusus Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL).
Selain itu, Agus juga diketahui sempat menduduki posisi Komisaris Utama (Komut) PT Dahana.

3. Irjen Pol. (Purn) Fakhrizal
Fakhrizal adalah mantan Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Selain menjadi Kapolda, kader baru PDIP ini juga pernah menjadi Karopaminal Divisi Propam Polri. Fakhrizal juga sempat menjadi calon gubernur Sumbar di Pilkada 2020.

4. Mayjen TNI (Purn) Gunawan Pakki
Gunawan Pakki adalah mantan Kepala Badan Pembekalan TNI yang dia jabat hingga Februari 2021.
Selain itu, dia juga pernah menjadi Komandan Detasemen Markas (Denma) Besar TNI.

5. Mayjen TNI (Purn) F. Saud Tamba Tua
Frederikus Saud Tamba Tua pernah menjabat Komandan Lantamal XI/Merauke. Pada 2016 hingga 2020, dia menjadi staf khusus Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL).

6. Brigjen TNI (Purn) Donar Philip Rompas
Donar Philip Rompas adalah mantan Komandan Lantamal VIII/Manado yang dijabat selama 2020-2021.
Diketahui, alumnus akademi militer 1986 itu telah dikenal lama aktif di Korps Marinir yang merupakan pasukan elite TNI AL. (tim redaksi)

#purnawirawan
#tni
#polri
#gabungpartai
#pdiperjuangan
#pemiluserentak2024
#politik

Tidak ada komentar