Breaking News

Jadi Pilihan Konsumen, Intip Ragam Unggulan Colt L300


Mitsubishi Colt L300 (ist) 

WELFARE.id-Mitsubishi Colt L300 sudah 40 tahun beredar di Indonesia. Hingga kini, Colt L300 tak pernah berubah penampilannya, namun tetap menjadi pilihan konsumen. 

Baru beberapa waktu lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan penyegaran dengan meluncurkan Mitsubishi New Colt L300. Menariknya, walaupun bentuknya itu-itu saja, mobil niaga ringan ini tetap mendominasi segmen ini lantaran kemampuan, keunggulan fitur serta dimensi yang mumpuni. 

Mesin diesel baru yang disematkan pada New Colt L300 ini berkode 4N14-DOHC 4 silinder segaris common rail direct injection. Berkapasitas 2.268 cc dengan tenaga puncak mencapai 97,8 dk pada 3.500 rpm dan torsi puncak 200 Nm di rentang 1.000—3.500 rpm. 

Dari angka klaim di atas, mesin Mitsubishi New Colt L300 ini disebut punya tenaga yang 40 persen jauh lebih besar dan konsumsi bahan bakar yang lebih baik dari mesin sebelumnya.  

Terkait keunggulan pikap ini, banyak konsumen yang sudah mengakui keunggulan seperti bak yang lebih besar sehingga dapat memuat lebih banyak muatan. 

Director of Sales Marketing Division PT MMKSI Tetsuro Tsuchida mengatakan, sebelum meluncurkan Colt L300 model baru, pihaknya terlebih dulu mengumpulkan masukan dari konsumen tentang apa yang boleh diubah dan apa yang tidak boleh diubah. 

"Mengingat, pick up ini sudah dikenal selama 40 tahun. Yang masuk perhatian konsumen adalah biaya perawatan, mereka tidak mau khawatir soal biaya perawatan. Sehingga kita sudah dalam development sudah pikirkan sampai sejauh itu," ulasnya dikutip Minggu (30/10/2022). 

Ia mengatakan, separuh suku cadang dari model baru tersebut sama dengan model sebelumnya. Sedangkan sisanya tidak jauh berbeda dengan model lama. “Secara tipikal untuk perawatan Euro-2 dan Euro-4 apakah berbeda sekali? Sebenarnya tidak. Pada intinya yang diragukan itu tidak perlu khawatir karena tidak berbeda,” tandasnya. 

Sementara itu, konsumen L300 dari diler Motor Astonsido Kedaton Motor, Desi menjelaskan kelebihan pikap tersebut, termasuk kemampuannya mengangkut motor-motor baru yang akan dikirimkan ke konsumen. 

"Kita pakai L300 sejak tahun 2000-an, dari mulai satu dealer di Pekanbaru hingga kini sudah punya dealer di Palawan, Biak, Kampar dan di Medan. Jadi kendaraan operasional yang kita pakai adalah L300," ucap Desi. 

Desi juga beri komentar soal bak mobilnya, menurutnya dengan desain bak rata, dapat mengangkut motor berukuran besar. “Untuk yang kecil bisa 5 motor, sedangkan untuk yang besar 4 unit khusus motor sport, sehingga sangat membantu operasional di diler,” akunya. 

Desi juga mengulas soal harga jual L300 juga cenderung stabil dan tidak turun secara tajam, karena unitnya hingga saat ini juga masih banyak dicari orang. "Kalau untuk L300 ini setelah nanti kita pakai, kita mau peremajaan, kita jual kembali harga enggak turun. Itu satu kelebihan L300, mudah dicari banyak orang, banyak yang antre beli. Harga aftersalesnya juga tidak mahal," lanjutnya. 

Indrus, konsumen dari diler Motor Alfascorpii Pekanbaru menjelaskan sejumlah kelebihan yang didapatkan dari menggunakan pikap L300 tersebut. 

Ia mengatakan, armada yang digunakan di diler sepenuhnya digunakan untuk canvasing dan delivery. "Kenapa kita pakai L300, karena kuat sekali. Khusus Riau daratan ini luas sekali. Cabang kita di Ujung Batu, pakai terus L300. 

Untuk L300 Euro 4 ini menurut saya ada beberapa kelebihan. Yang pertama menyangkut dengan bisnis kami, secara bak nya lebih lebar. L300 yang lama sudah bisa angkut 3-4 unit motor, Dengan ban baru bisa 4-5 unit," ucap Indrus. 

Selain itu, ia mengatakan bahwa kapasitas mesin atau cc memang turun, namun tenaganya naik dibarengi dengan torsi. Sehingga, dapat lebih menghemat biaya. “Secara cost operational ini akan menguntungkan karena cc mesinnya rendah, tenaganya naik tapi torsi sama. 

Ini bisa hemat biaya lagi. Saat ini kita punya 40-an unit yang lama. Sekarang kita beli lagi yang beli baru tapi memang belum keluar,” pungkasnya. 

New Mitsubishi Colt L300 2022 dijual dalam dua varian, tipe Pick-Up Flat Deck Rp218,65 juta, dan tipe Cabin Chassic dibanderol Rp213,65 juta. (tim redaksi

#mobilpickup
#pikap
#mitsubishi
#coltl300
#mitsubishicoltl300
#mmksi
#otomotif

Tidak ada komentar