Breaking News

Ini Tarif Resminya, Tol Serpong-Balaraja Berbayar Mulai Besok 4 Oktober

Sejumlah kendaraan melintas di jalan tol Serpong-Balaraja (Serbaraja), Minggu (2/10/2022). Foto: net

WELFARE.id-Setelah beroperasi fungsional dan sosialisasi kepada masyarakat dengan biaya gratis melintasi Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) Seksi 1A, Kementerian PUPR resmi memberlakukan tarif untuk tol yang menghubungkan kawasan Serpong dengan Cisauk itu mulai 4 Oktober pukul 00.00 WIB. 

Aturan itu tertuang dalam surat Keputusan Menteri PUPR Nomor 1116/KPTS/M/2022 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol.

"Terhitung mulai 4 Oktober 2022 pukul 00.00 WIB, ruas Tol Serbaraja seksi 1A resmi bertarif sesuai dengan Surat Keputusan Menteri PUPR yang telah diterbitkan," ujar Presiden Direktur PT Trans Bumi Serbaraja Siswanto Adisaputro dalam keterangan resminya, Senin (3/10/2022). 

Adapun rincian tarif Tol Serbaraja adalah: 
- Golongan I Rp 5.500 
- Golongan II Rp 8.500 
- Golongan III Rp 8.500 
- Golongan IV Rp 11.000 
- Golongan V Rp 11.000 

Siswanto juga menyebutkan dengan beroperasinya Tol Serbaraja Seksi 1A sepanjang ±4 km, diharapkan dapat mengurai kemacetan yang terjadi di wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. 

”Selain itu, keberadaan tol ini mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga kesejahteraan masyarakat di kedua wilayah serta Provinsi Banten," kata Siswanto juga. 

Adapun ruas tol Serpong-Balaraja seksi 1A sebelumnya telah beroperasi fungsional pada 10-21 Agustus 2022 tanpa pengenaan tarif. 

Tol tersebut merupakan proyek infrastruktur konektivitas yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk sebagai pemegang saham utama dari PT Trans Bumi Serbaraja. 

Tol Serbaraja seksi 1A menghubungkan ujung jalan tol eksisting (Ulujami-Pondok Aren-Serpong) di sisi klaster The Green BSD City menuju simpang susun CBD BSD City (di sisi Aeon Mall) dan terkoneksi langsung dengan kawasan TOD Intermoda BSD City. 

Infrastruktur konektivitas berupa jalan bebas hambatan berbayar ini masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Pembangunan Tol Serbaraja seksi 1A merupakan bagian pertama yang rampung dibangun dan sudah resmi beroperasi. 

Saat ini, PT Trans Bumi Serbaraja juga sedang melanjutkan pembangunan ruas tol untuk seksi 1B. Siswanto menuturkan nantinya tol Serbaraja akan memiliki total keseluruhan panjang 40 km.

Proyek tol itu terbagi dalam tiga tahap, yakni seksi I Serpong-Legok dengan Panjang 9,8 km, seksi II Legok-Pasir Barat dengan panjang 11,5 km, dan seksi III Pasir Barat-Balaraja dengan panjang 18,6 km. 

Siswanto juga mengklaim tol Serbaraja akan meringankan beban kendaraan yang selama ini ditanggung oleh sejumlah jalan arteri di kawasan Tangerang Raya, Banten. 

Selain itu juga, jalan bebas hambatan ini juga akan terkoneksi dengan tol Jakarta-Serpong, tol Jakarta-Merak, JORR dan berbagai ruas tol di Pulau Jawa. (tim redaksi)


#proyektol
#serbaraja
#jalanbebashambatan
#serpong-cisauk
#penerapantarif
#jalanberbayar

Tidak ada komentar