Breaking News

Ini Kata Ahli Tanda Gagal Ginjal Bisa Dideteksi dari Kesehatan Gigi dan Mulut

Ilustrasi pemeriksaan gigi dan mulut untuk mendeteksi penyakit ginjal. Foto: net

WELFARE.id-Gaya hidup sehat makin meningkat di masyarakat. Salah satunya menjaga kesehatan mulut dan gigi. Karena kesehatan mulut dan gigi jadi salah satu petunjuk mengenai kesehatan tubuh secara umum, termasuk ginjal.

Beberapa tanda terkait penyakit ginjal bahkan bisa diamati oleh dokter gigi di sekitar mulut. Pakar dari Express Dentist, Dr Greg Grillo, mengungkapkan bahwa ada empat masalah pada gigi dan mulut yang mungkin berkaitan dengan penyakit ginjal. 

Keempat masalah tersebut adalah sariawan, xerostomia, karies gigi yang agresif, dan kehilangan gigi. Dr Grillo mengatakan penyakit ginjal bisa memicu terjadinya xerostomia atau penurunan produksi saliva. 

Bila hal ini terjadi, mulut bisa menjadi kering dan keasaman di area mulut meningkat. ”Kadar pH yang rendah dapat menyebabkan karies gigi agresif," kata Dr Grillo, seperti dilansir Express.co.uk, Kamis (20/10/2022).

Karies gigi ini bisa memicu terjadinya kehilangan gigi. Oleh karena itu, Dr Grillo mengatakan, orang-orang yang sudah kehilangan beberapa gigi mungkin memiliki masalah kesehatan lain di tubuhnya.

Meski begitu, bahwa keempat kondisi pada mulut dan gigi ini bukan penanda pasti dari penyakit ginjal. Diperlukan tes darah, tes urin, dan terkadang prosedur biopsi untuk mengonfirmasi penyakit ginjal.

Selain empat tanda yang mungkin muncul pada gigi dan mulut, National Health Service (NHS) mengungkapkan ada beberapa gejala penyakit ginjal lain yang perlu diwaspadai. 

Berikut ini adalah tanda-tanda penderita penyakit ginjal: 

1. Penurunan berat badan
2. Penurunan nafsu makan
3. Bengkak pada pergelangan kaki, kaki, atau tangan
4. Sesak napas
5. Darah di urin
6. Insomnia
7. Kulit gatal
8. Kram otot
9. Mual
10. Sakit kepala
 
Selain penyakit ginjal, Dr Grillo mengatakan keadaan gigi dan mulut juga bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan sistemik lain. Gusi yang tampak pucat misalnya, bisa disebabkan oleh anemia defisiensi zat besi.

Perubahan kepadatan tulang di area gigi juga dapat menjadi pertanda dari osteoporosis. Perubahan ini sulit terdeteksi di rumah, namun bisa terlihat oleh dokter gigi melalui pemeriksaan gigi.

”Gigi yang bergerak lebih banyak dibandingkan rata-rata saat pemeriksaan bisa menunjukkan tanda awal dari kondisi yang progresif ini," papar Dr Grillo juga.

Bila dokter gigi menemukan petunjuk pada mulut dan gigi terkait masalah kesehatan tubuh, Dr Grillo menganjurkan pasien untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter. 

Pemeriksaan lanjutan ini bisa memberikan kepastian diagnosis dan juga terapi bila terbukti ada penyakit yang menyertai agar dideteksi dan bisa diobati lebih awal. (tim redaksi)



#gayahidup
#kesehatangigi
#kesehatanmulut
#ginjal
#penyakitpenyerta
#kesehatantubuh

Tidak ada komentar