Breaking News

Ini Empat Cara Mendidik Anak Zaman Now

Ilustrasi keluarga yang bisa mendidik anak dengan bijak. Foto: iStok

WELFARE.id-Era teknologi terus melanda dunia. Zaman terus berubah dan berkembang dengan pesat. Kondisi yang kita rasakan saat ini tentu sangat berbeda dengan kondisi sepuluh tahun atau zaman-zaman sebelumnya. 

Karena itu, banyak pula perubahan yang harus kita sesuaikan dengan perkembangan zaman itu sendiri. Salah satu perbedaan yang harus kita perhatikan adalah mengenai cara mendidik anak, terutama yang sudah menginjak usia remaja. 

Hal ini penting agar cara mendidik kita relevan dengan kondisi yang ada di zaman seperti sekarang ini.
Hal ini garus kita sesuaikan karena banyak perubahan dan perbedaan yang terjadi. 

Cara mendidik yang cocok diterapkan di zaman dulu tentu tidak bisa sepenuhnya diterapkan saat ini. Terutama cara mendidik kita harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan internet yang ada saat ini.

Berikut ini adalah 4 tips yang bisa kita lakukan dalam mendidik remaja di zaman sekarang:

1. Jangan Kaku
Prinsip utama yang harus diterapkan dalam mendidik remaja adalah jangan kaku atau saklek. Saklek maksudnya adalah kaku atau tidak menyesuaikan kondisi yang ada.

Orang yang saklek biasanya sudah memiliki prinsip yang terbentuk di masa lalu kemudian memaksakan untuk diterapkan saat ini.
Padahal, zaman sudah berubah. Nilai-nilai juga banyak berubah. 

Kita harus menyesuaikan dengan perkembangan yang ada. Jangan memaksakan nilai di masa lalu untuk diterapkan oleh remaja saat ini.

Salah satunya kita harus mau mendengar dari remaja itu sendiri. Jangan merasa pling berpengalaman dan mengerti banyak hal.

2. Ikuti Perkembangan Zaman
Kita harus selalu mengikuti perkembangan zaman yang ada karena banyak perkembangan yang terjadi. Terutama dalam hal internet dan media informasi.
Banyak informasi dan nilai yang bisa diserap oleh remaja melalui internet. 

Untuk itu, kita perlu menyesuaikan diri agar bisa menjaga remaja dari pengaruh buruk yang mungkin terbawa dari internet.

3. Banyak Belajar
Kita harus banyak belajar untuk bisa menyesuaikan diri dalam mendidik anak remaja saat ini. Perhatikan tren-tren yang sedang digandrungi oleh remaja-remaja saat ini. Lalu, perhatikan bagaimana pengaruh dampak baik dan buruknya terhadap remaja.

4. Jadi Panutan
Remaja saat ini cenderung tidak senang dikekang dan diperintah ini-itu. Namun, remaja mudah mencontoh apa yang mereka lihat. Oleh sebab itu, hendaknya kita bisa menjadi contoh atau panutan yang baik bagi remaja. Jangan hanya memerintahkan saja. (tim redaksi)

#mendidikanak
#zamannow
#anakzamansekarang
#pendidikanperilaku
#jadipanutan
#zamanberubah

Tidak ada komentar