Breaking News

Ini Dia Lima Pengusaha Terkaya Tiongkok!

Taipan Tiongkok Zhong Shanshan (net) 

WELFARE.id-Tiongkok saat ini menjadi salah satu negara dengan perekonomian terkuat di dunia. Tak hanya itu, negara ini juga diisi oleh para pengusaha sukses yang mampu menyandang gelar miliuner yang cukup berpengaruh di dunia. 

Majalah Forbes pun rajin mengeluarkan laporan deretan pengusaha Tiongkok terkaya   Dengan kesuksesan perusahaan yang telah mendunia, para pemiliknya pun memiliki penghasilan fantastis dan masuk dalam daftar orang terkaya di negeri tirai bambu tersebut. 

Melansir dari Forbes, berikut pengusaha Tiongkok terkaya versi Forbes. 

1. Zhong Shanshan 

Zhong Shanshan diketahui sebagai pemimpin Nongfu Spring, sebuah perusahaan air minum kemasan yang cukup populer di Tiongkok. Dia memegang status orang terkaya di Beijing versi Forbes setelah melakukan IPO perusahaan pada September 2020 di Hong Kong. 

Dalam riwayatnya, dulu Zhong Shanshan sempat putus sekolah selama Revolusi Kebudayaan Tiongkok yang kacau. Setelahnya, dia bekerja sebagai pekerja konstruksi, reporter surat kabar, hingga agen penjualan minuman sebelum akhirnya membuka bisnis sendiri. 

Selain Nongfu Spring, Zhong juga memimpin Farmasi Biologi Beijing Wantai yang sudah melantai di Shanghai Stock Exchange pada April 2020. 

Pada daftar orang terkaya di Tiongkok versi Forbes per Maret 2022, Zhong berada di peringkat teratas dengan kekayaan mencapai USD65,7 miliar atau sekitar Rp997 triliun (kurs Rp15.171 per USD). 

Sementara dalam real time net worth per 18 Oktober 2022 ini, kekayaan yang dimiliki Zhong Shanshan telah mencapai USD66,1 miliar atau sekitar Rp1.000 triliun (kurs Rp15.171 per USD). 

2. Zhang Yiming 

Zhang Yiming merupakan pendiri ByteDance, salah satu platform konten media terbesar di negeri Panda tersebut. Akan tetapi, pada November 2021 lalu dia mengundurkan diri sebagai ketua setelah sebelumnya juga mundur dari jabatan CEO pada bulan Mei. 

Dalam daftar orang terkaya di Tiongkok versi Forbes per Maret 2022, Zhang Yiming menjadi orang terkaya kedua di bawah Zhong Shanshan. Adapun nilai kekayaannya kala itu mencapai USD50 miliar atau sekitar Rp759 triliun (kurs Rp15.171 per USD). Sedangkan dalam real time net worth per 18 Oktober 2022, kekayaan yang dimiliki Zhang Yiming berada di angka USD49,5 miliar atau sekitar Rp751 triliun (kurs Rp15.171 per USD). 

3. Ma Huateng 

Pengusaha Tiongkok terkaya berikutnya adalah Ma Hauateng. Dia diketahui sebagai CEO Tencent yang mendirikan perusahaan tersebut pada tahun 1998. Dalam kesehariannya, Huateng dikenal memiliki gaya hidup yang cukup low-profile, padahal dia termasuk dalam jajaran orang terkaya di Tiongkok. 

Dalam daftar orang terkaya Tiongkok versi Forbes per Maret 2022, Ma Huateng memiliki harta sekitar USD37,2 miliar atau Rp564 triliun (kurs Rp15.171 per USD). Sementara untuk real time net worth per 18 Oktober 2022, kekayaannya berada di angka USD28,4 miliar atau sekitar Rp431 triliun (kurs Rp15.171 per USD). 

4. He Xiangjian 

He Xiangjian merupakan seorang miliarder Tiongkok yang diketahui sebagai salah satu pendiri Midea Group. Meski sempat mengalami pasang surut dalam beberapa tahun belakangan, namun dia masih tetap berada dalam deretan orang terkaya di Negeri Tirai Bambu. Dalam data Forbes per Maret 2022, He Xiangjian bertengger di peringkat keempat dengan nilai kekayaan USD28,3 miliar atau sekitar Rp429 triliun (kurs Rp15.171 per USD). 

5. William Lei Ding 

William Lei Ding merupakan CEO NetEase yang sudah terdaftar di Nasdaq. Dalam riwayatnya, perusahaan ini telah mengumpulkan sekitar USD422 juta pada IPO Hong Kong yang berasal dari aplikasi musik Cloud Village. Dalam daftar orang terkaya di China versi Forbes per Maret 2022, William Lei Ding memiliki kekayaan mencapai USD25,2 miliar atau sekitar Rp382 triliun. Sedangkan real time net worth yang dimiliki per 18 Oktober 2022, angkanya berada di USD23,3 miliar atau sekitar Rp354 triliun. (tim redaksi) 

#tiongkok
#daftarpengusahaterkayaditiongkok
#pengusahationgkok
#pengusahationgkokterkaya
#zhongshanshan
#taipan

Tidak ada komentar