Breaking News

Ini Dia Deretan Orang Kaya Pemilik Industri Farmasi di Indonesia!

Taipan Indonesia dengan bisnis farmasi (net) 

WELFARE.id-Sektor farmasi kini kembali dihebohkan, setelah pandemi COVID-19, kini sektor ini diguncang dengan kasus gagal ginjal akut yang menimpa anak-anak di Indonesia. Alhasil, Kementerian Kesehatan meminta untuk menghentikan penjualan hingga konsumsi obat cair atau sirup. 

Sektor farmasi sangat erat kaitannya dengan industri kesehatan, rumah sakit, obat-obatan, vitamin hingga herbal. 

Berikut ini daftar orang terkaya di Indonesia berkat bisnis farmasi seperti dilansir Forbes, Jakarta, Senin (24/10/2022). 


1. Boenjamin Setiawan 

Boenjamin Setiawan merupakan pendiri PT Kalbe Farma Tbk (KLBF). Membangun bisnis Kalbe Farma berawal dari garasi pada 1966. 

Ada beberapa obat produksi Kalbe Farma di antaranya, Komix, Woods, Entrostop, Procold, Fatigon, Promag, Mixagrip hingga Extra Joss. 

Boenjamin Setiawan yang lahir pada 23 September 1933 di Tegal, Jawa Tengah. Dia merupakan pendiri Rumah Sakit Mitra Keluarga, yang pertama kali berdiri pada 1989. 

Pria yang akrab disapa Dr Boen ini mengendalikan Mitra Keluarga yang sudah go public, yang mengoperasikan sebanyak 25 rumah sakit. Selain itu, pria yang memiliki gelar doktor di bidang farmologi ini juga pendiri perusahaan farmasi Kalbe Farma pada 1966 bersama lima saudaranya. 

Kini Dr Boen sapaan akrabnya menjadi orang terkaya di Indonesia di peringkat 8 dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes 2021. Boenjamin Setiawan mempunyai harta kekayaan USD4,2 miliar atau setara Rp65,1 triliun 


2. Irwan Hidayat 

Irwan Hidayat merupakan pemilik perusahaan PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO). SIDO disebut-sebut sebagai industri obat herbal terbesar di Indonesia. 

Salah satu produk Sido Muncul yang mendunia adalah Tolak Angin. Harta kekayaannya mencapai USD1,5 miliar atau setara Rp23,2 triliun dan menduduki peringkat 28 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2021. 


3. Kartini Muljadi 

Kartini Muljadi merupakan pemilik dan pendiri PT Tempo Scan Pacific. Perusahaan ini bergerak di bidang farmasi dan consumer goods. Beberapa produk farmasi yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat dari PT Tempo Scan Pacific Tbk, di antaranya Bodrex, Hemaviton, Oskadon, Neo Rheumacyl, dan lain-lain. 

Harta kekayaan Kartini mencapai USD695 juta atau setara Rp10,7 triliun dan menduduki peringkat 50 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia. (tim redaksi) 


#industri

#farmasi

#industrifarmasi

#pengusahafarmasi

#orangkayapemilikpabrikfarmasi

#gagalginjalakut

Tidak ada komentar